Kamis, 16/05/2024 09:26 WIB

Rusia: AS Siapkan Kebijakan Anti-Rusia di KTT NATO

Rusia: AS Siapkan Kebijakan Anti-Rusia di KTT NATO

Bendera Rusia dan AS (Foto: Reuters)

Vilnius, Jurnas.com - Rusia menduga Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan mengeluarkan keputusan anti-Rusia, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Vilnius, Lithuania.

Moskow geram dengan rencana NATO memasukkan Ukraina ke dalam aliansi militer tersebut. Pasalnya, keanggotaan Kiev menjadi ancaman bagi Rusia.

"Semuanya sedang dilakukan untuk mempersiapkan opini publik lokal untuk persetujuan setiap keputusan anti-Rusia yang akan dibuat di Vilnius dalam beberapa hari mendatang," kata Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov dikutip dari Reuters pada Selasa (11/7).

KTT di ibu kota Lituania akan didominasi oleh pembicaraan mengenai dampak invasi Rusia ke Ukraina. Para pemimpin NATO akan menyetujui rencana komprehensif pertama sejak akhir Perang Dingin untuk mempertahankan diri dari serangan apapun dari Moskow.

Para diplomat juga mengatakan perbedaan pendapat di antara negara-negara NATO juga kian menyempit, di tengah desakan Ukraina untuk menjadi anggota NATO.

"Situasi terus meluncur menuju hasil yang paling tidak menguntungkan dalam konfrontasi antara Federasi Rusia dan anggota aliansi," ujar Antonov.

KEYWORD :

Rusia Amerika Serikat NATO Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :