Minggu, 05/05/2024 07:54 WIB

Luncurkan Buku Kedua, Dosen Milenial UMN Kupas Politik di Era Digital

Buku ini merupakan kontribusi penting dalam memahami seluk beluk praktik komunikasi politik di era digital.

Dosen milenial UMN, Silvanus Alvin. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Silvanus Alvin, dosen milenial di Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi di Universitas Multimedia Nusantara meluncurkan buku keduanya berjudul `Digitalisasi Politik: Refleksi dan Dinamika Komunikasi`. Buku tersebut dirilis pada 5 Juli 2023.

"Buku ini merupakan kontribusi penting dalam memahami seluk beluk praktik komunikasi politik di era digital," kata Alvin kepada wartawan, Kamis (6/7).

Alvin mengulas berbagai aspek digitalisasi politik di dalam bukunya. Kemudian, membahas perubahan yang terjadi dalam komunikasi politik di era digital, serta hubungannya dengan proses Pemilu 2024.

Alvin menyajikan analisis yang tajam dan refleksi mendalam tentang generasi milenial dan Gen-Z yang menjadi public sasaran komunikasi politik yang dihadapi dalam konteks digital.

"Buku ini mencerminkan pengalaman dan pengetahuan yang saya peroleh selama bertahun-tahun dalam bidang komunikasi politik. Saya berharap buku ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para pembaca, terutama dalam memahami peran digitalisasi dalam dinamika politik," terangnya.

Buku ini menjadi buku kedua yang digarap Alvin, setelah sukses dengan buku sebelumnya berjudul `Komunikasi Politik di Era Digital: dari Big Data, Influencer Relations & Kekuatan Selebriti, Hingga Politik Tawa`.

Alvin merupakan dosen milenial di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Dia bahkan dikenal sebagai individu yang berdedikasi dalam bidang komunikasi politik.

Alvin meraih gelar S1 Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Jurnalistik dari UMN pada 2013. Setelah itu, dengan rekomendasi studi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Beasiswa LPDP, Alvin meraih gelar S2 di bidang Media and Public Relations dari University of Leicester, Inggris pada 2018.

Sebelum menjadi dosen, Alvin memiliki pengalaman berharga sebagai wartawan di beberapa media. Posisi terakhirnya sebagai wartawan istana memberikan kesempatan langka bagi Alvin untuk mengikuti kunjungan kerja bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea Selatan dan Rusia.

Setelah Pilpres 2019, Alvin juga diundang untuk bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara.

 

 

KEYWORD :

Peluncuran Buku pendidikan digitalisasi politik Pemilu 2024 Silvanus Alvin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :