Senin, 29/04/2024 01:35 WIB

BKSAP DPR Komit Perkuat Diplomasi Negara

Sebagai focal point dari diplomasi parlemen Indonesia, BKSAP DPR RI berkomitmen untuk menguatkan diplomasi negara dalam mencapai kepentingan nasional.

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon di Sidang IPU ke-144, di Nusa Dua, Bali. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI berkomitmen menguatkan diplomasi negara. Komitmen ini harus dikedepankan demi mencapai kepentingan nasional.

"Sebagai focal point dari diplomasi parlemen Indonesia, BKSAP DPR RI berkomitmen untuk menguatkan diplomasi negara dalam mencapai kepentingan nasional," kata Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/7).

Dia mengatakan, tugas diplomasi itu secara normatif telah diatur dalam sejumlah undang-undang. Misalnya, Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD.

Menurut Fadli, hal itu dalam rangka peringatan Hari Parlemen Internasional yang jatuh pada 30 Juni. Peringatan itu diputuskan melalui Resolusi Majelis Umum PBB pada tahun 2018 bersamaan dengan berdirinya Organisasi Parlemen Dunia (IPU).

Ke depannya, kata dia, BKSAP pun berkomitmen tetap konsisten berkontribusi mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim, ketimpangan sosial, dan konflik.

Dia juga menyampaikan BKSAP senantiasa menjalankan amanat konstitusi, yakni ikut berperan aktif mewujudkan perdamaian dunia yang menjadi perhatian parlemen di seluruh dunia. Salah satu contohnya, saat BKSAP ikut mendorong penyelesaian isu kemanusiaan dari krisis berkepanjangan di Myanmar.

"Sejak tahun 2017, melalui keanggotaan DPR RI di Organisasi Parlemen Regional ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), BKSAP konsisten memperjuangkan penyelesaian segera krisis pengungsi Rohingya. Lebih lanjut, BKSAP mendorong resolusi konflik di Myanmar, sebagai kunci dari stabilitas, keamanan, dan perdamaian kawasan Asia Tenggara," ujar Fadli.

Tak hanya itu, dia menyebut BKSAP aktif memperjuangkan kepentingan Indonesia di berbagai isu strategis global. Seperti isu pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim.

Terakhir, Fadli menyampaikan BKSAP akan kembali aktif memperjuangkan Parlemen Asia Tenggara yang lebih responsif dalam rangka mewujudkan ASEAN yang stabil dan sejahtera, sejalan dengan posisi DPR RI sebagai pemegang AIPA.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR BKSAP Fadli Zon diplomasi negara parlemen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :