Rabu, 22/05/2024 07:10 WIB

Roket Rusia Hantam Restoran di Kramatorsk, Delapan Tewas dan 56 Terluka

Rudal kedua menghantam sebuah desa di pinggiran Kramatorsk, melukai lima orang, tetapi korban utama ada di restoran, di mana setidaknya tiga anak termasuk di antara yang tewas.

Sebuah foto yang diambil pada 14 Juni 2023, memperlihatkan pemandangan dalam restoran McDonalds yang rusak, bersama dengan bangunan komersial, dalam serangan semalam Rusia di Odesa, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Sebuah rudal Rusia menghantam sebuah restoran di kota Kramatorsk, Ukraina timur pada Selasa (27/6), menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 56 lainnya.

Rudal kedua menghantam sebuah desa di pinggiran Kramatorsk, melukai lima orang, tetapi korban utama ada di restoran, di mana setidaknya tiga anak termasuk di antara yang tewas.

"Penyelamat sedang bekerja melalui puing-puing bangunan yang hancur dan mencari orang-orang yang mungkin masih berada di bawahnya," kata pejabat layanan darurat di aplikasi perpesanan Telegram.

Sebuah rudal Rusia juga menghantam sekelompok bangunan di Kremenchuk, sekitar 375 km (230 mil) barat di Ukraina tengah, tepat setahun setelah serangan di sebuah pusat perbelanjaan di sana yang menewaskan sedikitnya 20 orang. Tidak ada korban yang dilaporkan dalam serangan terakhir.

Di Kramatorsk, sebuah kota yang sering menjadi sasaran serangan Rusia, pekerja darurat bergegas masuk dan keluar dari restoran yang hancur saat penduduk berdiri di luar sambil memeluk dan mengamati kerusakan.

Bangunan itu direduksi menjadi jaring balok logam yang dipelintir. Polisi dan tentara muncul dengan seorang pria bercelana militer dan sepatu bot di atas tandu. Dia ditempatkan di ambulans, meski tidak jelas apakah dia masih hidup.

Dua pria berteriak dengan nada hiruk pikuk meminta tali penarik, lalu berlari kembali ke puing-puing. "Saya lari ke sini setelah ledakan karena saya menyewa sebuah kafe di sini. Semuanya meledak di sana," kata Valentyna, 64, kepada Reuters.

"Tidak ada kaca, jendela, atau pintu yang tersisa. Yang saya lihat hanyalah kehancuran, ketakutan, dan kengerian. Ini adalah abad ke-21."

Layanan darurat mengunggah gambar daring dari tim penyelamat yang memilah-milah situs dengan derek dan peralatan lainnya.

Gubernur daerah Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan kepada televisi nasional bahwa orang-orang terlihat di bawah reruntuhan. Kondisi mereka tidak diketahui, katanya, tetapi "kami berpengalaman dalam menghilangkan puing-puing."

Rekaman video di saluran Telegram militer menunjukkan seorang pria, kepalanya berdarah, menerima pertolongan pertama di trotoar.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan dalam pesan video malamnya bahwa serangan itu menunjukkan bahwa Rusia “hanya pantas mendapatkan satu hal sebagai konsekuensi dari apa yang telah dilakukannya – kekalahan dan pengadilan.”

Kramatorsk adalah kota besar di sebelah barat garis depan di provinsi Donetsk dan kemungkinan menjadi tujuan utama dalam setiap kemajuan Rusia ke barat yang berusaha merebut seluruh wilayah.

Kota ini sering menjadi sasaran serangan Rusia, termasuk serangan di stasiun kereta kota pada April 2022 yang menewaskan 63 orang. Setidaknya ada dua serangan di gedung apartemen dan situs sipil lainnya awal tahun ini.

Rusia membantah menargetkan situs sipil dalam apa yang digambarkannya sebagai "operasi militer khusus" sejak menyerang tetangganya pada Februari 2022.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Rudal Rusia Kota Kramatorsk Ukraina Timur Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :