Senin, 29/04/2024 06:57 WIB

Putin Sebut Pemberontakan Wagner Tikaman dari Belakang

Putin Sebut Pemberontakan Wagner Tikaman dari Belakang

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Reuters/Maxim Shemetov)

Moskow, Jurnas.com - Rusia akhirnya merilis video pernyataan resmi negara pada Senin (26/6), pasca pembelotan singkat yang dilakukan oleh kelompok tentara bayaran, Wagner.

Presiden Rusia, Vladimir Putin dalam video tersebut mengutuk pemberontakan Wagner. Meski belum diketahui lokasi dan waktu video itu direkam, yang pasti, Putin sempat memberikan selamat kepada peserta forum industri.

"Pemberontakan Wagner merupakan tikaman dari belakang," tegas Putin dikutip dari Reuters. Dia bersumpah untuk menghancurkan pembelotan semacam itu.

Rusia berupaya memulihkan situasi pada Senin (26/6), pasca pemberontakan singkat yang dilakukan Wagner pimpinan Yevgeny Progozhin, pada akhir pekan lalu.

Para pejuang Wagner menghentikan gerak maju cepat mereka di Moskow, mundur dari kota Rostov di Rusia selatan dan kembali ke pangkalan mereka, di bawah kesepakatan yang menjamin keselamatan mereka.

Adapun Prigozhin selaku komandan akan pindah ke Belarusia, berdasarkan kesepakatan antara Wagner dan Rusia, yang ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Senin (26/6) ini juga ditetapkan sebagai hari libur di Moskow untuk memberikan waktu penyelesaian, dan hanya ada sedikit peningkatan keamanan di ibu kota pada Minggu malam.

KEYWORD :

Vladimir Putin Rusia Wagner Tentara Bayaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :