Senin, 29/04/2024 11:47 WIB

Ukraina Berhasil Rebut Desa Rivnopil dari Tangan Rusia

Ukraina Berhasil Rebut Desa Rivnopil dari Tangan Rusia

Pasukan Ukraina maju ke Kherson selama berminggu-minggu (Viacheslav Ratynskyi/Reuters)

Kiev, Jurnas.com - Ukraina berhasil merebut Desa Rivnopil yang sebelumnya berada di tangan Rusia, setelah pasukan mendapatkan kendali desa yang berlokasi di tenggara itu.

Rivnopil merupakan desa kesembilan yang direbut kembali oleh Ukraina bulan ini, di tengah upaya Kiev bergerak maju untuk memukul mundur pasukan Moskow.

"Pasukan Pertahanan (Ukraina) telah membawa Rivnopil kembali di bawah kendali kami," kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar dikutip dari Reuters pada Senin (26/6).

Maliar tidak menyebut detail waktu pasukan Ukraina merebut kembali Rivnopil, yang terletak tepat di sebelah barat sekelompok desa yang menurut Kiev telah direbut kembali sebelumnya dalam serangan balasan.

Video berdurasi 13 detik yang diposting di Telegram oleh pasukan darat Ukraina, memperlihatkan sekelompok tentara Ukraina di depan sisa-sisa bangunan dengan bendera Ukraina berkibar dari sebuah pos, mengindikasikan desa tersebut direbut kembali pada akhir pekan lalu.

"Hari ini tanggal 25 Juni 2023, para pejuang Batalyon Kedua Brigade Mekanik ke-31 membebaskan desa Rivnopil," kata salah satu tentara dalam video yang belum diverifikasi tersebut.

Menggunakan istilah yang merendahkan tentara Rusia, dia berkata, "Para Orc melarikan diri, kami bergerak maju."

Sementara itu, Maliar dalam pernyataan sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah membebaskan sekitar 130 km persegi di selatan Ukraina, sejak serangan balik dimulai.

KEYWORD :

Ukraina Desa Rivnopil Rusia Invasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :