Senin, 29/04/2024 10:56 WIB

Peringati Hari Pelaut Sedunia, Hubla dan WIMA INA Bersih-bersih Pantai Kuta

Aksi Bersih Laut dan Pantai ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut di Indonesia.

Aksi bersih-bersih Pantai Kuta, Bali yang digelar oleh Ditjen Perhubungan Laut bersama Women in Maritime Indonesia (WIMA INA), Senin (26/6/2023). Foto: jurnas

BALI, Jurnas.com – Memperingati Hari Pelaut Sedunia 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan bersama Woman in Maritime Indonesia (WIMA INA) dan Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) menggelar aksi bersih-bersih Pantai Kuta, Bali, Senin (26/5/2023).

Aksi bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu rangkaian kampanye Keselamatan Pelayaran (Kespel) dalam memperingati Hari Pelaut Sedunia 2023 yang jatuh setiap tanggal 25 Juni.

Aksi Bersih Laut dan Pantai ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut di Indonesia.

"Salah satu rangkaian kegiatan kampanye yang dilakukan dalam peringatan ini adalah kegiatan Bersih Laut dan Pantai yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melibatkan UPT Ditjen Hubla," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha.

Sebagai negara maritim dengan kekayaan laut yang melimpah, Indonesia menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan maritim. Kegiatan peringatan Hari Pelaut Sedunia ini dijadikan momen berharga untuk menggalang kesadaran dan melibatkan masyarakat serta pelaut dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan pantai dan laut dari sampah plastik serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan maritim," tambah Dirjen Arif.

Dalam periode 25 - 26 Juni 2023, masyarakat Indonesia dan pelaut secara bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan Bersih Laut dan Pantai. Seluruh UPT Ditjen Hubla yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut.

Adapun puncak kegiatan kampanye keselamatan pelayaran dilaksanakan di Pelabuhan Padangbai Bali, hasil kolobarasi bersama WIMA INA, PT Pelni, PT Pelindo, UPT Ditjen Hubla Wilayah Bali dan Pemerintah Daerah setempat.

Di tempat yang sama, Ketua Umum WIMA INA Nirmala Chandra Motik mengatakan bahwa pelestarian lingkungan laut, termasuk pantai merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari masa depan kehidupan maritim.

“Untuk itu, WIMA INA sangat mendukung program bersih-bersih pantai yang dilakukan secara serentak di Indonesia ini. Kami juga mendorong para perempuan maritim turut serta menjaga dan melestarikan lingkungan maritim,” kata Chandra Motik yang datang bersama Sekjen WIMA INA Tresna Pardosi dan para pengurus lainnya.

KEYWORD :

WIMA INA Hubla Bersih-bersih Pantai Kuta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :