Kamis, 02/05/2024 09:08 WIB

Beijing Membara, Suhu Panas Capai 40 Derajat Siang Ini

Beijing Membara, Suhu Panas Capai 40 Derajat Siang Ini

Seorang wanita menggunakan smartphone saat berjalan di Kawasan Pusat Bisnis Beijing (Foto: Doknet)

Beijing, Jurnas.com - Peringatan cuaca panas di ibu kota China, Beijing, menunjukkan warna merah, kode peringatan tertinggi, pada Jumat (23/6) siang ini, setelah suhu terus meningkat di angka 40 derajat celcius.

Menurut laporan Observatorium Meteorologi Kota Beijing yang dikutip Reuters, suhu 40 derajat celcius terjadi pada pukul 13.30 waktu setempat.

"Ini adalah pertama kalinya sejak berdirinya observatorium bahwa ada suhu tinggi lebih dari 40 derajat Celcius selama dua hari berturut-turut," kata Zhang Yingxin, Kepala Observatorium Meteorologi dalam konferensi pers.

Ini bukan yang tertinggi. Sehari sebelumnya, suhu maksimum di kota berpenduduk hampir 22 juta orang itu menembus 41 derajat, dan memecahkan rekor hari terpanas sepanjang Juni.

Stasiun cuaca di yang mengukur suhu panas di Beijing, mencatat 41,1 derajat celcius pada sore hari. Tertinggi Juni sebelumnya dicatat pada 10 Juni 1961, ketika suhu mencapai 40,6 derajat.

Adapun suhu tertinggi yang tercatat hingga kini ialah 41,9 derajat yang pernah dialami Beijing pada 24 Juli 1999 silam.

Diketahui, China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat. Warna merah yang tertinggi, diikuti oleh oranye, kuning dan biru. Peringatan merah menunjukkan suhu akan naik di atas 40 derajat dalam waktu 24 jam.

KEYWORD :

Beijing China Suhu Panas Pemanasan Global




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :