Kamis, 02/05/2024 09:38 WIB

Singapura Kerahkan Robot Jadi Polisi di Jalanan

Singapura Kerahkan Robot Jadi Polisi di Jalanan

Sentosa Merlion ikon Singapura. (Foto: Jurnas/Ira).

Singapura, Jurnas.com - Terobosan teknologi inovatif akan diterapkan oleh Singapura dalam waktu dekat. Robot yang menjalani profesi sebagai polisi akan ditempatkan secara massif di jalanan untuk melakukan patroli.

"Robot dikerahkan di Terminal 4 Bandara Changi mulai April untuk menambah petugas polisi garis depan dalam melakukan patroli," kata Kepolisian Singapura (SPF) dikutip dari AFP pada Kamis (15/6).

Singapura merupakan negara kota yang berpenduduk 5,6 juta orang. Dengan tingkat populasi kecil dan kelahiran yang rendah, teknologi merupakan keharusan untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja.

"SPF berencana untuk secara bertahap mengerahkan lebih banyak robot patroli untuk meningkatkan operasi polisi di Singapura," imbuhnya.

Dikatakan, robot patroli ini dilengkapi dengan kamera, sensor, speaker, panel layar, penutup mata, dan sirene.

Tiang yang dapat diperpanjang dengan kamera 360 derajat memberikan pandangan di lapangan kepada petugas di ruang situasi, dan saluran dua arah memungkinkan mereka untuk berbicara langsung dengan publik.

"Robot patroli adalah tambahan terbaru untuk persenjataan teknologi SPF, yang mampu melakukan patroli otonom dan memberi polisi gambaran situasional yang ditingkatkan untuk memungkinkan keputusan dan pengambilan keputusan yang lebih baik," ujarnya.

Pernyataan itu menambahkan, penutup mata, sirene, dan pengeras suara, robot tersebut dapat "memaksa penjagaan atau memperingatkan orang-orang di sekitar selama insiden sebelum kedatangan" polisi manusia.

KEYWORD :

Robot Polisi Singapura Patroli Inovasi Teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :