Senin, 29/04/2024 11:55 WIB

Silvio Berlusconi Meninggal, Ini Reaksi Tojoh Dunia

Silvio Berlusconi, seorang pengusaha miliarder yang menciptakan perusahaan media terbesar Italia telah meninggal dunia dalam usia 86 tahun

Mantan Perdana Menteri Italia dan pemimpin partai Forza Italia, Silvio Berlusconi menghadiri rapat umum menjelang pemilihan daerah di Emilia-Romagna, di Ravenna, Italia, 24 Januari 2020. Flavio Lo Scalzo/Reuters

Roma, Jurnas.com - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, seorang pengusaha miliarder yang menciptakan perusahaan media terbesar Italia sebelum mengubah lanskap politik, telah meninggal dunia dalam usia 86 tahun, Senin 12 Juni 2023.

Silvio Berlusconi juga dikenal sebagai Presiden dan Pemilik Klub Liga Italia AC Milan, namun kemudian dijualnya dan membeli AC Monza yang dibawanya hingga saat ini berlaga di Serie A Italia.

Berikut beberapa reaksi atas berita kematiannya:

GIORGIA MELONI, PERDANA MENTERI ITALIA
"Silvio Berlusconi di atas segalanya adalah seorang pejuang, dia adalah seorang pria yang tidak pernah takut untuk membela keyakinannya dan justru keberanian itu, tekad itulah yang membuatnya menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam sejarah Italia"

"Dengan dia kami telah berjuang, menang dan kalah dalam banyak pertempuran dan untuk dia juga kami akan membawa pulang tujuan yang telah kami tetapkan bersama. Perpisahan Silvio"

VLADIMIR PUTIN, PRESIDEN RUSIA
"Bagi saya, Silvio adalah orang yang baik, teman sejati. Saya selalu mengagumi kebijaksanaannya, kemampuannya untuk membuat keputusan yang seimbang dan berpandangan jauh ke depan bahkan dalam situasi yang paling sulit."

PAUS FRANCIS
Dalam sebuah pesan kepada putri tertua Berlusconi, Marina, meyakinkan "partisipasinya yang tulus dalam duka atas hilangnya seorang protagonis kehidupan politik Italia, yang memegang tanggung jawab publik dengan temperamen yang energik."

VIKTOR ORBAN, PERDANA MENTERI HUNGARIA
"Hilanglah petarung hebat"

Juru Bicara RISHI SUNAK, PERDANA MENTERI Inggris
"Silvio Berlusconi membuat dampak besar pada politik Italia selama beberapa dekade, dan perhatian kami bersama rakyat Italia dan keluarganya."

MARIO DRAGHI, MANTAN PREMIER ITALIA DAN MANTAN GUBERNUR ECB
"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya atas meninggalnya Silvio Berlusconi, seorang protagonis mutlak dari kehidupan publik Italia selama lima puluh tahun terakhir. Sebagai seorang pengusaha, dia mengubah dunia komunikasi dan olahraga dengan inisiatif dan inovasi yang luar biasa. Sebagai seorang pemimpin, dia berubah politik dan dicintai oleh jutaan orang Italia karena kemanusiaan dan karismanya. Kepada keluarganya, karyawan grupnya, dan komunitas Forza Italia, belasungkawa kami yang terdalam."

FORZA ITALIA PARTY
"Kami berharap kami tidak akan pernah membiarkan Anda pergi. Selamat tinggal Presiden. Komunitas politik Anda."

ANTONIO TAJANI, WAKIL PM DAN MENTERI LUAR NEGERI ITALIA, SEKUTU LAMA BERLUSCONI
"Kesedihan yang luar biasa. Terima kasih Presiden, terima kasih Silvio."

AC MILAN YANG DIMILIKI BERLUSCONI 1986-2017
Klub menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Presiden Rossoneri yang tak terlupakan. Dengan sangat sedih, AC Milan berduka atas meninggalnya Silvio Berlusconi yang tak terlupakan dan ingin menjangkau keluarga, rekan, dan teman-teman yang paling disayangi untuk berbagi simpati kami. ..Terima kasih, Tuan Presiden. Selalu bersama kami."

MATTEO SALVINI, DEPUTI PERDANA MENTERI DAN MENTERI PERHUBUNGAN ITALIA
"Hari ini seorang ITALIA HEBAT mengucapkan selamat tinggal kepada kita. Salah satu yang terhebat yang pernah ada, di semua bidang, dari semua sudut pandang, tanpa tandingan. Tapi yang terpenting, hari ini saya kehilangan seorang teman baik. Saya hancur dan saya jarang menangis, hari ini adalah salah satu dari hari-hari itu."

ROBERTA METSOLA, PRESIDEN PARLEMEN EROPA
"Ayah, pengusaha, MEP, Perdana Menteri, senator. Dia telah meninggalkan jejaknya dan tidak akan dilupakan. Terima kasih Silvio."

PAOLO GENTILONI, KOMISARIS EKONOMI UE DAN MANTAN PREMIER ITALIA
"Dengan meninggalnya Silvio #Berlusconi, seorang pemimpin yang telah meninggalkan jejak mendalam di Italia dalam beberapa dekade terakhir. Bagi semua orang, hari ini adalah momen belasungkawa, kedekatan dengan keluarganya dan komunitas #ForzaItalia."

PIHAK RAKYAT EROPA, FORZA ITALIA BERLUSCONI ADALAH ANGGOTANYA
"Hari ini, kami berduka atas meninggalnya Silvio Berlusconi. Dia adalah pendiri dan pemimpin Forza Italia, Perdana Menteri Italia terlama di era pascaperang & kekuatan utama dalam keluarga politik kami. Simpati & belasungkawa kami kepada keluarganya & orang yang dicintai."

ELLY SCHLEIN, PEMIMPIN PESTA DEMOKRASI KIRI-TENGAH, RIVAL
“Dengan meninggalnya Silvio Berlusconi, sebuah era berakhir. Semuanya telah memecah belah kita dan memisahkan kita dari visi politiknya, namun rasa hormat yang secara manusiawi diberikan kepada seseorang yang merupakan protagonis dalam sejarah negara kita tetap ada. Belasungkawa terdalam atas nama Partai Demokrat."

ADRIANO GALLIANI, Mantan CEO AC MILAN DAN CEO AC MONZA saat ini
"Bingung, tak bisa berkata-kata, dengan kesedihan yang luar biasa saya meratapi teman saya, penguasa segalanya, orang yang mengubah hidup saya selama lebih dari 43 tahun. Beristirahatlah dalam damai, Presiden terkasih."

KEYWORD :

Silvio Berlusconi Italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :