Minggu, 28/04/2024 18:44 WIB

Presiden Palestina Mahmoud Abbas Tiba di Beijing

Kantor berita resmi Palestina, Wafa melaporkan bahwa Abbas diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping selama perjalanan tersebut.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas jadi pembicara dalam pertemuan Dewan Pusat Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat, 14 Januari 2018 (Mohamad Torokman/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas telah tiba di Beijing. China menyatakan kesiapan untuk membantu memfasilitasi pembicaraan damai Israel-Palestina.

Penyiar CGTN yang dikelola negara mengatakan, Abbas mendarat di ibu kota China pada Selasa pagi untuk kunjungan kenegaraan selama empat hari. Ini adalah kunjungan resmi kelima Abbas ke ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa melaporkan bahwa Abbas diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping selama perjalanan tersebut.

Keduanya diatur untuk "bertukar pendapat ... tentang perkembangan terakhir di arena Palestina serta tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama", lapor Wafa.

Abbas juga akan bertemu Perdana Menteri Li Qiang, tambah kantor berita itu.

Pekan lalu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan, Presiden Palestina adalah teman lama dan baik rakyat China. "China selalu dengan tegas mendukung rakyat Palestina untuk memulihkan hak-hak nasional mereka yang sah,” tambahnya.

Beijing telah berusaha untuk meningkatkan hubungannya dengan Timur Tengah, membantu menengahi pemulihan hubungan pada bulan Maret antara saingan Arab Saudi dan Iran, dan menantang pengaruh lama Amerika Serikat.

Xi melakukan perjalanan ke Arab Saudi Desember lalu untuk KTT China-Arab pertama dalam perjalanan di mana dia juga bertemu Abbas dan berjanji untuk bekerja untuk solusi awal, adil dan tahan lama untuk masalah Palestina.

Sementara itu, Presiden Iran, Ebrahim Raisi, sementara itu, berada di Beijing pada Februari – pemimpin Iran pertama yang mengunjungi China dalam 30 tahun.

Beijing juga mengusulkan pertemuan puncak yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Iran dan Dewan Kerjasama Teluk, yang dapat berlangsung akhir tahun ini.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita negara China Xinhua yang diterbitkan minggu ini, pejabat Palestina Abbas Zaki mengatakan China dan Palestina adalah teman yang lebih dekat daripada saudara.

"Saya sangat senang melihat China lebih terlibat dalam urusan Timur Tengah setelah KTT China-Arab tahun lalu," tambahnya.

AS telah berusaha untuk mengatasi ketegangan Israel-Palestina yang meningkat, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak merusak prospek negara Palestina.

Negosiasi perdamaian Israel-Palestina telah terhenti sejak 2014.

Sumber: AFP dan Al Jazeera

KEYWORD :

Hubungan Palestina China Mahmud Abbas Timur Tengah Perdamaian Israel Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :