Minggu, 28/04/2024 05:51 WIB

Joe Biden Umumkan akan Hancurkan Sisa Senjata Kimia AS

AS berjanji untuk menghancurkan sisa senjata kimia terakhirnya yang disimpan di depot di Colorado dan Kentucky pada 30 September 2023.

Pekerja menangani amunisi yang mengandung agen saraf GB di Pabrik Percontohan Penghancuran Agen Kimia Rumput Biru, 2020. (Kantor Eksekutif Program, Alternatif Senjata Kimia Assembled)

JAKARTA, Jurnascom - Presiden Joe Biden mengumumkan pada Jumat (12/5) bahwa Amerika Serikat (AS) akan menghancurkan senjata kimia terakhirnya yang tersisa pada musim gugur 2023.

Dikutip dari Russia Today, pengumuman itu Biden sampaikan menjelang konferensi pengawasan senjata internasional minggu depan di Den Haag.

"Kami berada di jalur yang tepat untuk menyelesaikan penghancuran persediaan senjata kimia kami pada musim gugur ini, tonggak perlucutan senjata yang menjunjung tinggi standar transparansi dan keamanan publik tertinggi," kata Biden dalam pernyataan yang diunggah di situs Gedung Putih.

Pernyaan itu mengatakan, AS akan terus bekerja sama dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) untuk mencegah penimbunan, produksi, dan penggunaan senjata kimia di seluruh dunia.

Penanda tangan Konvensi Senjata Kimia (CWC), yang mulai berlaku pada tahun 1997, berkomitmen untuk membuang semua persediaan amunisi kimia. Secara hukum, AS diharuskan melakukannya pada akhir tahun ini.

Negeri Paman Sam berjanji untuk menghancurkan sisa senjata kimia terakhirnya yang disimpan di depot di Colorado dan Kentucky pada 30 September 2023.

Moskow dan Beijing telah berulang kali mendesak Washington untuk mempercepat proses penghancuran senjata kimia tersebut. Rusia dan China merilis pernyataan bersama bulan lalu "bersikeras bahwa AS, sebagai satu-satunya negara anggota (CWC) yang belum menyelesaikan penghancuran senjata kimia, mempercepat penghapusan stok senjata kimianya."

Rusia membuang semua gudang senjata kimianya pada tahun 2017. China belum mendeklarasikan senjata kimianya sendiri, tetapi ada stok lama yang ditinggalkan oleh Jepang di wilayah China selama Perang Dunia II. Senjata-senjata ini sedang dalam proses penghancuran.

KEYWORD :

Senjata Kimia Amerika Serikat Joe Biden China Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :