Jum'at, 26/04/2024 15:57 WIB

DPR Ingatkan Pemerintah, Libatkan Komunitas Budaya dan Pariwisata di KTT Labuan Bajo

Bagaimana melibatkan stakeholders budaya dan pariwisata sehingga ada experience-experience, pengalaman-pengalaman masyarakat yang wisatawan itu dengan budaya-budaya setempat.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah. (Foto: Akurat.co)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan pemerintah agar Keketuan Indonesia dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN pada 9-11 Mei di Labuan Bajo, NTT, juga melibatkan banyak komunitas budaya dan pariwisata setempat.

Sekretaris Fraksi PKS itu mengatakan, hal itu perlu dilakukan di samping peran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

"Bagaimana melibatkan stakeholders budaya dan pariwisata sehingga ada experience-experience, pengalaman-pengalaman masyarakat yang wisatawan itu dengan budaya-budaya setempat," tutur Ledia dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (9/5). 

Ledia juga berharap selepas penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN sektor pariwisata lokal akan bergeliat untuk kemudian menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

“Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lebih baik dan kita punya lebih banyak pilihan-pilihan penawaran, paket-paket wisata ke Indonesia selepas dari pertemuan-pertemuan kenegaraan ini," ujar Politikus PKS ini. 

Lanjutnya, berbagai acara kenegaraan serupa KTT Ke-42 ASEAN ini perlu untuk di helat secara bergilir di berbagai daerah Indonesia lainnya pula agar dapat membangun awareness kepada semua pihak mengenai potensi daerah-daerah yang ada di Indonesia. Mengingat event seperti KTT ASEAN ini juga menjadi momentum baik untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia.

Oleh karena itu, maka perlu juga dipersiapkan dengan matang mengenai side event untuk menyemarakkan gelaran KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

"Yang harus diselesaikan dan disiapkan adalah bagaimana side event-nya, kalau KTT-nya sih semua mungkin sudah siap dalam artian karena memang ini acara kenegaraan ya, tetapi kan side event-nya menjadi penting," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, para delegasi ataupun peserta KTT Ke-42 ASEAN akan memboyong pula rombongannya yang dapat mendongkrak perkembangan pariwisata di NTT sehingga berbagai hal pendukung perlu dipersiapkan dengan baik.

"Sehingga pemerintah daerah juga menyiapkan souvenir, amenities-nya, hospitality-nya, dan semua sudah dipersiapkan," terangnya.

 Diketahui, Presiden RI Joko Widodo sebelumnya juga telah meninjau kesiapan para pelaku UMKM dan lokasi wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjelang KTT Ke-42 ASEAN pada Minggu (23/4).

Dirinya berpesan agar seluruh destinasi wisata di Labuan Bajo dapat dipromosikan kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan negara-negara ASEAN yang akan hadir nanti.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi X Ledia Hanifa Amaliah KTT ASEAN Labuan Bajo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :