Senin, 29/04/2024 11:31 WIB

Sistem Zonasi PPDB Jakarta Wujudkan Pemerataan Pendidikan

Sistem Zonasi PPDB Jakarta Wujudkan Pemerataan Pendidikan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberi sambutan pada Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) III Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DKI Jakarta Masa Bakti XXII Tahun 2023 di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jumat. (Foto PPID DKI Jakarta)

Jakarta, Jurnas.com - Sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di DKI Jakarta, dapat meniadakan status sekolah favorit dan mewujudkan pemerataan pendidikan. Hal itu, ditegaskan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Melalui sistem zonasi ini, pemerataan pendidikan di Jakarta bisa terwujud," katanya saat memberi sambutan pada Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) III Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DKI Jakarta Masa Bakti XXII Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (5/5).

Heru menjelaskan, pihaknya perlu lebih perhatian terhadap anak didik sehingga perlunya dukungan terhadap konsep zonasi itu. "Itu tentunya menjadi perhatian bagi guru-guru, (sekolah) favorit sekarang sudah tidak ada," kata Heru.

Kemudian, Heru turut mengimbau kepada seluruh guru untuk meningkatkan kapasitasnya di tengah kemajuan teknologi sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Guru juga memiliki peran yang sangat besar, dalam keberlangsungan proses belajar mengajar.

"Keberadaan guru sangatlah penting untuk berinteraksi langsung dan mengakomodir kebutuhan anak didiknya yang disesuaikan dengan kemampuan," kata mantan Wali Kota Jakarta Utara ini.

Karenanya, Heru menilai pertemuan tatap muka, tatap mata itu sangat penting. Pembelajaran harus dikemas lebih kreatif agar minat belajar siswa tetap tinggi. "Dengan itu kita bisa melihat anak didik kita, apakah dia sehat, apakah kemampuannya sama," jelas Heru.

KEYWORD :

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono PPDB zonasi pemerataan pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :