Jum'at, 26/04/2024 21:11 WIB

Mensos Risma: Pegawai Terkait Korupsi Bansos Beras Sudah Dimutasi

Mensos Risma: Pegawai Terkait Korupsi Bansos Beras Sudah Dimutasi

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto dok. Kemensos)

Jakarta, Jurnas.com - Pegawai Kementerian Sosial (Kemensos) yang diduga terkait dugaan korupsi bansos beras tahun 2020, telah dimutasi. Mereka tidak lagi mengemban jabatan strategis di Kemensos. Hal ini, ditegaskan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Mensos Risma mengutarakan, pegawai tersebut telah dipindahkan dan kini tidak memegang jabatan stategis. Mutasi dilakukan guna mengamankan Kemensos dari tindak pidana korupsi.

"Itu ya sudah, yang penting dia tidak megang yang strategis. Saya butuh aman kan, itu bagi saya mengamankan saya. Saya nggak tahu kalau setelah itu dia insaf atau apa, tapi yang jelas saya butuh aman," ujar Risma, di Jakarta, Rabu (24/5).

Risma tidak menjelaskan secara detail nama dan dari direktorat mana pegawai yang telah dimutasi. Namun, kata Risma, pegawai itu diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi bansos. "Mutasinya (daerah) itu rahasia yang jelas bukan di sini," katanya.

Dimutasi ke daerah merupakan konsekuensi atas apa yang diperbuat pegawai tersebut. "Kalau jajaran kena itu konsekuensi, dari apa yang sudah mereka kerjakan. Seluruh perbuatan saat ini, itu ada konsekuensinya, kita disumpah, artinya pertanggungjawaban saya bukan hanya kepada manusia tapi juga kepada Tuhan, Allah," katanya.

Untuk diketahui, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Gedung Kemensos terkait dugaan korupsi beras bantuan sosial (bansos). Sebelum melakukan penggeledahan, penyidik KPK sempat menemui Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Selasa (23/5). Usai meminta izin, tim KPK diantar ke ruangan penggeledahan, lalu Risma kembali melanjutkan rapat.

Saat bertemu dengan Risma tersebut, tim penyidik menyampaikan izin menggeledah ruangan untuk mencari barang bukti pekerjaan penyaluran bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020 di Kementerian Sosial yang dilaksanakan oleh PT BGR. "Saya rapat, ada dari umum (Biro Umum) menyampaikan, Bu ada KPK ke Dayasos, saya langsung nangkep pasti soal BGR," kata Risma.

 

KEYWORD :

Kemensos pegawai korupsi bansos beras mutasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :