Minggu, 28/04/2024 23:25 WIB

Pendidikan di Inggris, Guru Jarang Beri Siswa PR

Salah satu yang membuat peserta didik betah di sekolah karena guru tidak banyak memberikan pekerjaan rumah (PR).

Ilustrasi siswa PAUD sedang menghitung (Foto: Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Praktik pembelajaran di Inggris menjadi topik utama yang dibahas oleh para mahasiswa Indonesia, yang saat ini sedang menempuh jenjang doktoral (S-3) di Inggris.

Mahasiswi S-3 bidang pendidikan di University of Leeds, Corry Caromawati mengungkapkan bahwa salah satu yang membuat peserta didik betah di sekolah karena guru tidak banyak memberikan pekerjaan rumah (PR).

"Sekolah memberikan PR, tetapi sedikit sekali. Mereka fokus pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Anak-anak di dorong belajar sebanyak mungkin di sekolah, sehingga di rumah lebih rileks," ungkap Corry dalam webinar `Berbagi Praktik Baik di UK dan Indonesia` yang digelar Doctrine UK dan Kelas Kreatif Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Ibu dua anak tersebut menuturkan, anaknya yang mengenyam pendidikan sekolah dasar di Inggris hanya mendapatkan pekerjaan rumah satu kali seminggu. Itupun PR-nya membaca buku sesuai kemampuan literasi siswa.

Hal senada juga diungkapkan mahasiswi University of Manchester, Desmaliza. Dia menuturkan, baru di jenjang sekolah menengah guru memberikan PR lebih banyak kepada siswa.

Saat ini, putra Desmaliza duduk di kelas X pendidikan menengah di Inggris. PR yang didapatkan bersifat project-based learning, bukan hafalan.

"Orang tua diberikan aplikasi untuk memantau apakah putra-putrinya sudah mengerjakan PR, dan sejauh mana capaian mereka," tutur dia.

Desmaliza yang sedang melakukan penelitian tentang praktik pendidikan menengah di Indonesia menilai siswa di Indonesia cenderung takut berbicara dan berbeda pendapat, karena guru yang kurang bersikap terbuka terhadap kritik.

"Hardiknas ini harus jadi momentum untuk seluruh pendidik memperbaiki diri, para guru harus mau menanggapi pendapat, kritik, dan pertanyaan dari para muridnya dengan lebih sabar dan terbuka," tutup dia.

KEYWORD :

Inggris Hardiknas 2023 Pekerjaan Rumah Pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :