Selasa, 30/04/2024 01:54 WIB

Serial Antologi "Aku Chairil!" Tayang di Kanal Indonesiana

Serial ini terdiri dari tujuh episode hasil kolaborasi sutradara Mira Lesmana dan Riri Riza, sebagai bentuk penghormatan kepada penyair kenamaan Indonesia, Chairil Anwar.

Ditjen Kebudayaan meluncurkan serial video Aku Chairil (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Serial antologi `Aku Chairil!` garapan Miles Films mulai tayang di kanal Indonesia.TV, platform yang dikelola oleh Balai Media Kebudayaan (BMK) Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Serial ini terdiri dari tujuh episode hasil kolaborasi sutradara Mira Lesmana dan Riri Riza, sebagai bentuk penghormatan kepada penyair kenamaan Indonesia, Chairil Anwar.

Produser Mira Lesmana dan Riri Riza mengkurasi sejumlah puisi Chairil Anwar yang kemudian dipilih dan direspons ulang bersama tujuh perupa seni kontemporer, tujuh aktor sebagai para pembaca puisi, dan seorang musisi muda.

"Melalui program ini, kami berharap dapat memperkenalkan kembali karya-karya besar dari Chairil Anwar kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda, sehingga semakin menghargai kebudayaan dan kesenian Indonesia," kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media (PMM), Ahmad Mahendra beberapa waktu lalu.

"Kemdikburistek akan terus mendukung program yang dapat memperkuat ekosistem kebudayaan, memperbanyak praktik baik dan kebermanfaatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat umum, generasi muda khususnya," imbuh dia.

Mira Lesmana menyebut peluncuran serial `Aku Chairil!` penting bagi generasi muda untuk mengingat dan mengenali kembali sosok Chairil Anwar, serta melihat relevansinya saat ini.

"Chairil Anwar adalah seorang penyair Indonesia modern dari Angkatan ’45 yang karya-karyanya dikenal sebagai karya yang penuh dengan keberanian, pemberontakan, dan ia membawa perubahan dalam Bahasa Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, Riri Riza mengatakan serial ini merupakan sebuah interpretasi terhadap puisi-puisi Chairil Anwar dari tujuh seniman, yang mengkolaborasikannya dengan pembacaan puisi oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia.

Semua video, lanjut Riri Riza, dibalut dengan musik hasil karya musisi muda ternama Baskara Putra yang juga dikenal dengan nama Hindia untuk karya-karya musiknya.

"Kami mengajak beberapa seniman yang karya-karyanya kami kagumi. Kebanyakan dari mereka adalah perupa yang berpraktik atau berekspresi dengan berbagai bentuk karya seni rupa," tutup dia.

KEYWORD :

Aku Chairil Kanal Indonesiana Ditjen Kebudayaan Ahmad Mahendra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :