Senin, 29/04/2024 04:52 WIB

Latihan Militer Taiwan Fokus Perangi Blokade Pulau

Latihan tahunan akan dimulai dengan lima hari latihan di atas meja mulai 15 Mei. Latihan tembakan langsung akan berlangsung selama lima hari mulai 24 Juli.

Taiwan meningkatkan pertahanannya di tengah meningkatnya tekanan dari China (Foto: Kementerian Pertahanan Taiwan/Handout via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Taiwan akan memulai latihan militer Han Kuang bulan depan. Latihan perang kali ini akan berfokus pada pertempuran melawan blokade dan menjaga kemampuan tempur pasukannya.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan mengatakan, latihan tahunan akan dimulai dengan lima hari latihan di atas meja mulai 15 Mei. Latihan tembakan langsung akan berlangsung selama lima hari mulai 24 Juli.

Kemhan Taiwan menyampaikan bahwa fokus utama dari latihan tersebut adalah menjaga kemampuan tempur pasukan dan intersep maritim. ini juga akan mencakup penggunaan bandara sipil dan menyebarkan aset udara, serta cara menyamarkan pasukan di darat.

Elemen angkatan laut akan mengintegrasikan angkatan laut, udara dan darat untuk menyerang pasukan musuh dan kapal serbu amfibi serta untuk melindungi jalur laut dan melawan upaya blokade.

"Tentu saja, latihan kami didasarkan pada ancaman komunis yang menyerang Taiwan dan latihan militer baru-baru ini di sekitar Taiwan," kata kepala perencanaan tempur kementerian, Jenderal Lin Wen-huang, kepada wartawan.

China, yang mengklaim pulau berpemerintahan sendiri itu sebagai miliknya, telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan sejak Tsai Ing-wen pertama kali terpilih sebagai presiden pada 2016. Beijing juga berusaha mengisolasi wilayah itu secara internasional.

Bulan ini, China menggelar latihan perang yang mencakup serangan presisi dan upaya blokade Taiwan di sekitar pulau. Latihan perang yang dilakukan China dilaksanakan setelah Tsai bertemu dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Kevin McCarthy di Los Angeles, AS.

China, yang tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk menguasai Taiwan, memandang Tsai sebagai "separatis" dan mengklaim dia bertekad untuk merdeka. Tsai mengatakan orang-orang Taiwan harus menjadi orang yang menentukan masa depan mereka.

Minggu lalu, Angkatan Laut China membagikan video yang diproduksi dengan apik untuk merayakan hari jadinya yang ke-74, menunjukkan kapal induknya, Shandong, dan kapal serbu amfibi baru yang menyimulasikan serangan dan pendaratan di suatu tempat di perairan Pasifik Barat, yang menunjukkan bahwa mereka sedang merencanakan kemungkinan Taiwan.

"Dibutuhkan angkatan laut yang kuat untuk menjaga kedaulatan negara dan integritas teritorial," kata Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China pada Rabu ketika ditanya pesan apa yang seharusnya dikirim oleh video tersebut.

"Otoritas Partai Progresif Demokratik dan pasukan separatis kemerdekaan Taiwan mencoba berkolusi dengan kekuatan eksternal, tetapi tidak ada peluang untuk memecah belah negara," katanya, mengacu pada partai yang berkuasa di Taiwan.

Taiwan sedang mencoba untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dengan berinvestasi pada peralatan baru seperti rudal jarak jauh dan pesawat tak berawak dan dengan memperpanjang wajib militer menjadi satu tahun.

Meskipun militer Taiwan pada umumnya terlatih dengan baik dan dilengkapi dengan sebagian besar perangkat keras buatan AS, China memiliki keunggulan jumlah yang sangat besar dan menambahkan peralatan canggih seperti pesawat tempur siluman.

Berbicara kepada wartawan di parlemen, Direktur Jenderal Biro Keamanan Nasional Taiwan Tsai Ming-yen mengatakan China menggunakan metode "perang kognitif" baru untuk mencoba mempengaruhi opini publik dan menyebarkan berita palsu menjelang pemilihan presiden Januari.

"Kita perlu terus memperhatikan apa yang mereka lakukan selama proses pemilihan," katanya

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Taiwan Latihan Militer Han Kuang China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :