Senin, 29/04/2024 08:56 WIB

BMKG Prakirakan Cuaca Bandung Cerah Jelang Lebaran 2023

Wilayah Bandung Raya sudah memasuki pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Ilustrasi antrean kendaraan di jalur utama Bandung - Cianjur. (Foto: Dok. Pikiran Rakyat)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat, akan berlangsung cerah pada pagi hari  menjelang Lebaran 2023.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan pada April 2023, wilayah Bandung Raya sudah memasuki pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Secara empiris, wilayah Bandung Raya sudah memasuki masa pancaroba pada April hingga Mei dasarian I," kata Rahayu dalam keterangannya, Kamis (20/4).

Pada Kamis atau H-2 Lebaran 2023, katanya, BMKG memprediksi wilayah Bandung pada siang hingga sore dalam kondisi berawan dan berpotensi mengalami hujan ringan. Kemudian, pada Kamis malam, juga masih berpotensi hujan ringan.

Pada Jumat (21/4) atau H-1 Lebaran 2023, menurutnya, masih sama dengan hari sebelumnya, yakni cerah dari pagi hingga siang hari. Kemudian, dari siang hingga malam berpotensi berawan dan mengalami hujan ringan.

"Ini prakiraan cuacanya baru sampai tanggal 21 April, besok pagi baru update untuk tanggal 22, saya update ketika data dari radar sudah masuk," kata dia.

Selain itu, BMKG memprakirakan musim kemarau di wilayah Bandung Raya dimulai pada Juli hingga Agustus 2023 dengan sifat hujan normal hingga bawah normal.

"Namun demikian, hingga saat ini proses analisa dan observasi data curah hujan masih berlangsung," kata Rahayu.

KEYWORD :

BMKG Cuaca Hari Ini Kota Bandung Cerah Lebaran 2023




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :