Selasa, 14/05/2024 13:53 WIB

Jerman Setujui Permintaan Polandia Kirim Jet MiG-29 ke Ukraina

Polandia membutuhkan persetujuan Jerman untuk mengirim jet yang tersisa ke negara ketiga.

Pesawat MiG-29 terbang selama acara media NATO di pangkalan udara di Malbork, Polandia, 21 Maret 2023 (File: Lukasz Glowala/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah Jerman menyetujui permintaan Polandia untuk mentransfer lima jet tempur MiG-29 rancangan Soviet untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari invasi Rusia.

"Saya menyambut baik fakta bahwa kami di pemerintah federal telah mencapai keputusan ini bersama-sama," kata Menteri Pertahanan Boris Pistorius dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Polandia membutuhkan persetujuan Jerman untuk mengirim jet yang tersisa ke negara ketiga.

Pistorius mengatakan permintaan dari Polandia telah tiba pada hari Kamis, menambahkan bahwa persetujuan pada hari yang sama menunjukkan bahwa "Anda dapat mengandalkan Jerman".

Jerman mewarisi 24 jet MiG-29 dari Republik Demokratik Jerman, atau GDR, juga dikenal luas sebagai Jerman Timur, selama penyatuan kembali pada tahun 1990. Pada saat itu, pesawat tersebut dipandang sebagai salah satu jet tempur paling canggih di dunia.

Pada tahun 2004, pemerintah Jerman menyerahkan 22 pesawat ke negara tetangga Polandia. Dari dua jet yang tersisa, satu hancur dalam kecelakaan dan satu dipamerkan di museum.

Ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi Warsawa seminggu yang lalu, rekannya dari Polandia, Andrzej Duda, mengatakan negaranya telah menyediakan empat jet MiG-29 ke Ukraina, dengan empat lagi dalam proses penyerahan dan enam lainnya sedang disiapkan.

Slovakia juga telah mengirimkan MiG-29 ke Ukraina.

Ukraina, yang berharap untuk melancarkan serangan balasan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang, ingin mengamankan jet tempur untuk bertahan dari serangan udara Rusia.

Negara-negara Barat sejauh ini enggan memberi Ukraina jet tempur canggih, seperti F-16 buatan AS, tetapi beberapa negara telah turun tangan untuk mengirim jet MiG-29 tua yang sudah digunakan Ukraina.

Jet tempur telah menempati urutan teratas dalam daftar peralatan yang diinginkan Kyiv sejak awal perang, tetapi upaya telah difokuskan untuk memperoleh tank Barat yang canggih.

Seruan untuk pesawat Barat telah meningkat sejak Jerman dan Amerika Serikat (AS) setuju untuk mengirim masing-masing tank Leopard 2 dan Abrams ke Ukraina.

Polandia, yang telah mengirimkan 14 tank Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina, adalah pendukung awal pengiriman jet tempur ke negara yang dilanda perang itu.

Meskipun MiG-29 dapat memberikan sedikit bantuan ke Ukraina, mereka tidak mungkin memenuhi tuntutannya.

Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Andriy Melnyk sebelumnya telah menyerukan koalisi jet tempur yang kuat untuk Ukraina, yang terdiri dari pesawat tempur F-16 dan F-35 buatan AS, Eurofighter, Tornado, Rafale dan Gripen.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia-Ukraina Jerman Polandia Jet Tempur Jet MiG-29




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :