Kamis, 02/05/2024 21:56 WIB

Siap Lawan Korea Utara, AS Terbangkan Pesawat Pengebom Berkemampuan Nuklir

Pesawat pembom jarak jauh itu ikut serta dalam latihan udara bersama dengan jet tempur AS dan Korea Selatan di Semenanjung Korea.

Pyongyang melihat latihan militer AS dan Korea Selatan sebagai pelatihan untuk serangan terhadap Korea Utara (File: Ahn Young-joon/AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) menerbangkan pesawat pengebom B-52 berkemampuan nuklir ke Semenanjung Korea untuk menunjukkan kekuatan melawan Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan mengatakan, pesawat pembom jarak jauh itu ikut serta dalam latihan udara bersama dengan jet tempur AS dan Korea Selatan di Semenanjung Korea.

"Latihan tersebut menunjukkan tekad yang kuat dari aliansi Korea Selatan-AS dan kesiapannya yang sempurna untuk menanggapi setiap provokasi oleh Korea Utara dengan cepat dan luar biasa," kata Letjen Park Ha Sik, panglima komando operasi Angkatan Udara Korea Selatan, dalam sebuah pernyataan.

Militer Korea Selatan dan AS telah memperluas latihan militer gabungan mereka sebagai tanggapan atas ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Kedua negara itu melakukan latihan lapangan terbesar mereka dalam lima tahun dan latihan lewat simulasi komputer bulan lalu. AS juga mengirim kapal induk bertenaga nuklir USS Nimitz untuk latihan angkatan laut bersama dengan Korea Selatan pada minggu lalu dan latihan antikapal selam AS-Korea Selatan-Jepang pada minggu ini.

Korea Utara melihat latihan militer semacam itu sebagai provokasi yang menunjukkan niat saingannya untuk menyerang negara tersebut. Sehari setelah penerbangan terakhir pesawat pengebom B-52 ke semenanjung pada 6 Maret, Kim Yo Jong, saudara perempuan kuat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, memperingatkan bahwa negaranya siap untuk mengambil tindakan cepat dan luar biasa terhadap serangan AS dan Korea Selatan tersebut.

Hulu ledak miniatur

Korea Utara sejak itu telah meluncurkan serangkaian senjata berkemampuan nuklir yang dirancang untuk menyerang Korea Selatan dan AS. Mereka termasuk Hwasong-17, rudal balistik antarbenua jarak jauh Korea Utara; drone bawah laut berkemampuan nuklir yang sedang dikembangkan; dan rudal jelajah ditembakkan dari kapal selam.

Pekan lalu, Korea Utara meluncurkan hulu ledak nuklir medan perang baru untuk dipasang pada senjata jarak pendek yang menargetkan Korea Selatan. Hal itu memicu spekulasi bahwa mereka mungkin ingin melakukan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017 karena dua ledakan uji coba nuklir sebelumnya terjadi setelah mengungkapkan hulu ledak baru lainnya. Jika dilakukan, itu akan menjadi uji coba senjata nuklir ketujuh Korut.

Apakah Korea Utara memiliki rudal bersenjata nuklir yang berfungsi tetap menjadi bahan perdebatan. Beberapa ahli mengatakan ledakan nuklir baru akan ditujukan untuk menguji hulu ledak mini untuk rudal jarak pendek karena uji senjata negara baru-baru ini lebih berfokus pada senjata yang menempatkan instalasi militer utama di Korea Selatan, termasuk pangkalan militer AS di sana, dalam jarak serang.

Kim Jong Un mengatakan Korea Utara tidak akan kembali ke pembicaraan denuklirisasi dengan AS kecuali Washington menjatuhkan kebijakan permusuhan terhadap Korea Utara, sebuah referensi yang jelas untuk latihan militer bersama dengan Korea Selatan dan sanksi ekonomi internasional yang dipimpin AS.

Beberapa pengamat mengatakan pemimpin Korea Utara ingin menggunakan persenjataannya yang terus berkembang untuk menekan Washington agar menerimanya sebagai kekuatan nuklir dan mencabut sanksi.

Pada hari Jumat, kepala utusan nuklir Korea Selatan, AS, dan Jepang akan bertemu di Seoul untuk membahas bagaimana menanggapi uji senjata Korea Utara baru-baru ini, menurut Kementerian Luar Negeri Seoul.

Selama pertemuan kebijakan pada hari Rabu, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan kerjasama keamanan antara Seoul, Washington dan Tokyo sangat penting dalam menghadapi ancaman nuklir Korea Utara dan tantangan lainnya.

Dia mengatakan Korea Selatan harus meningkatkan pertahanan misilnya dan kemampuannya untuk melakukan serangan pencegahan dan pembalasan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Korea Utara Senjata Nuklir Amerika Serika Korea Selatan Pesawat Pengebom B-52




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :