Sabtu, 04/05/2024 23:00 WIB

Lithuania akan Suarakan Sanksi Baru terhadap Rusia

Negara Baltik itu akan meminta sanksi tambahan terhadap Rusia dan Belarus untuk dimasukkan dalam paket hukuman yang sedang dibahas di Brussels.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato dalam pertemuan Dewan Legislator di Majelis Federal di Saint Petersburg, Rusia 27 April 2022. Sputnik/Alexei Danichev/Kremlin via Reuters

JAKARTA, Jurnas.com - Lituania mengatakan akan menyerukan sanksi baru terhadap Moskow dan Minsk sebagai tanggapan atas rencana Rusia untuk menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia.

Pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Lithuania (Kemenlu Lituania) datang beberapa jam setelah NATO mengkritik retorika nuklir berbahaya dan tidak bertanggung jawab dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Negara Baltik itu akan meminta sanksi tambahan terhadap Rusia dan Belarus untuk dimasukkan dalam paket hukuman yang sedang dibahas di Brussels.

"Bersama dengan mitra Euro-Atlantiknya, Lituania akan memutuskan bagaimana bereaksi terhadap rencana militer rezim Rusia dan Belarusia ini," kata juru bicara Kemenlu Lituania itu dalam sebuah pernyataan.

"Belarusia, yang semakin kehilangan kedaulatannya, mendukung dan membantu agresi Rusia, dan semakin terintegrasi ke dalam rencana militer Rusia, merupakan faktor risiko tambahan bagi kawasan Baltik," tambahnya.

Putin pada Sabtu menyamakan rencananya dengan Amerika Serikat yang menempatkan senjatanya di Eropa, sambil menegaskan bahwa Rusia tidak akan melanggar janji non-proliferasi nuklirnya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Lituania Vladimir Putin Belarusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :