Selasa, 07/05/2024 02:29 WIB

Kemdikbudristek Siapkan 15,3 Juta Buku untuk SD dan PAUD

Kemdikbudristek Siapkan 15,3 Juta Buku untuk SD dan PAUD

Ilustrasi pameran buku (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menyiapkan 15,3 juta eksemplar buku bacaan bermutu, yang akan didistribusikan untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD).

Pengiriman buku bacaan bermutu ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar episode ke-23, melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), guna meningkatkan minat baca bagi generasi muda.

Selain itu, program Medeka Belajar ke-23 juga disertai dengan pelatihan bagi para guru, agar dapat memotivasi dan meningkatkan keinginan para siswa untuk belajar membaca.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Kemdikbudristek, Muh. Abdul Khak mengatakan, 15,3 juta eksemplar akan dikirimkan untuk lebih dari 6.000 satuan PAUD dan 14.000 SD. Mekanismenya, dilakukan dua kali pengiriman yang menyebar ke 470 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Ketika buku sudah diterima, pihak sekolah diwajibkan memberi bukti terima dengan tanda tangan pihak sekolah yang menerima buku-buku tersebut," jelas Abdul Khak dalam siaran pers di Jakarta pada Sabtu (11/3).

Dalam hal pemanfaatan buku-buku bantuan, Kepala SD Vim 3 Kotaraja, Kota Jayapura, Royke Tombokan turut menyampaikan bentuk dukungannya. Dia membentuk sebuah rumah baca yang bernama `Habis Gelap Terbitlah Terang`, serta mendirikan Parenting Club untuk membantu para orang tua murid meningkatkan minat literasi anak.

Selain itu, Royke menyebutkan bahwa SD Vim Kotaraja juga berkolaborasi dengan komunitas literasi mahasiswa FKIP Universitas Cendrawasih dan Balai Bahasa Provinsi Papua.

"Saya sangat bersyukur Balai Bahasa ini sangat memberikan dukungan, terutama KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Papua, mereka selalu mendorong saya dan sekolah saya untuk memanfaatkan buku-buku ini," tutup Royke.

KEYWORD :

Buku Bacaan Kemdikbudristek Abdul Khak Literasi Merdeka Belajar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :