Minggu, 19/05/2024 03:50 WIB

PPATK Blokir Puluhan Rekening Rafael Alun dan Keluarga

Termasuk rekening milik anak Rafael Alun, Mario Dandy yang menjadi tersangka dalam kasus penganiayaan.

Mantan pejabat DJP Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (1/3).

Jakarta, Jurnas.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening eks pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rafael Alun Trisambodo (RAT), dan keluarganya.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan ada puluhan rekening bank yang telah diblokir, termasuk rekening milik anak Rafael Alun, Mario Dandy yang menjadi tersangka dalam kasus penganiayaan.

"Iya RAT (Rafael Alun Trisambodo), keluarga dan semua pihak terkait. Ada beberapa puluh rekenening sudah kami blokir," kata Ivan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/3).

Adapun pemblokiran ini diduga berkaitan dengan indikasi pencucian uang yang dilakukan Rafael. Di mana, PPATK sebelumnya menemukan transaksi Rafael yang tidak sesuai profil dan menggunakan nama orang lain.

Sebelumnya, PPATK mendapat pengaduan dari masyarakat mengenai konsultan pajak dari Rafael Alun Trisambodo yang diduga melarikan diri ke luar negeri.

Diduga ada dua orang mantan pegawai Ditjen Pajak yang bekerja pada konsultan pajak itu.

"Ya kami mendengar pengaduan masyarakat mengenai hal tersebut. Berdasarkan data yang ada kami menduga ada mantan pegawai pajak yg bekerja pada konsultan tersebut," kata Ivan kepada wartawan, Senin kemarin

Harta kekayaan Rafael menjadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satrio menganiaya anak pengurus GP Ansor, Cristalino David Ozora. Rafael yang merupakan pejabat eselon III di Ditjen Pajak tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp56 miliar.

Rafael telah menjalani proses klarifikasi oleh KPK mengenai harta kekayaannya tersebut pada Rabu (1/3).

Adapun KPK memastikan bakal mengusut dugaan tindak pidana suap dan gratifikasi sebelum menyentuh tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan Rafael.

KEYWORD :

PPATK Pejabat Pajak Rafael Alun Pencucian Uang Rekening Diblokir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :