Sabtu, 04/05/2024 22:37 WIB

Tanggapi Survei LSP

Jubir WH-Andika Ajak Semua Tim Jaga Kemenangan

Jazuli Abdillah, jubir Wahidin Andika menyatakan timnya harus terus berjuang meningkatkan raihan suara. 

Pemaparan Survei Pilkada Banten

Jakarta - Pilkada Banten sebentar lagi dilaksanakan. Pesta demokrasi lokal ini menyedot perhatian para peneliti. Mengingat dinamika pemilih, terus berkembang seiring kampanye yang telah dilakukan. Begitu juga jurus-jurus lain yang dikeluarkan oleh tim pasangan masing-masing, membuat Pilkada Banten menjadi makin seru.

Lembaga Survei Politik (LSP) Indonesia telah mengeluarkan rilis surveinya untuk Pilkada Banten 2017. Hasil ya adalah Wahidin Andika meraih 39,50 persen dan Rano-Embay 32,10 persen. Selisih kemenangan WH atas lawannya adalah sebesar 7,40 persen. Syaf Zulkarnai dari LSP menyatakan masih ada sisa suara sebanyak 28,40 persen menyatakan rahasia, tidak tahu atau tidak menjawab.

"Pada umumnya 10 hari menjelang pemungutan suara sudah tidak mungkin mengubah pilihan. 61,4 persen menyatakan pilihannya sudah mantap, tidak akan berubah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (2/2).

Syaf menambahkan, peserta pilkada Banten hanya dua paslon yakni petahana melawan penantang. Bagi pemilih yang tak puas dengan kepemimpinan petahana pilihannya tak banyak, memilih penantang atau goplut.

"Wahidin diuntungkan karena banyak responden ragu dengan kemampuan Rano memimpin Banten ke depan, belum lagi pendampingnya yang dianggap tidak memiliki pengalaman di pemerintahan," ujar Syaf.

Menanggapi hasil survei LSP itu, Jazuli Abdillah, jubir Wahidin Andika menyatakan timnya harus terus berjuang meningkatkan raihan suara. Ia meminta kepada semua tim dan simpatisan untuk turun mengawal dan meningkatkan kemenangan yang diteropong melalui banyak survei.

"Di survei internal kami juga kita menang, karenanya semua pendukung WH-Andika wajib mengawasi jangan sampai terjadi kecurangan. Terus turun dan jaga TPS masing-masing dan raihlah simpati pemilih sebanyak mungkin," ujarnya.

Survey LSP yang dirilis kepada publik itu dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 27 Januari 2017 dengan jumlah responden 800 orang. LSP Indonesia mengklaim tingkat margin of error dalam surveinya sebesar 3,6% pada tingkat kepercayaan 95%. Setiap responden ditemui pewawancara yang telah dilatih. Satu pewawancara bertugas untuk satu desa atau kelurahan terpilih dengan jumlah responden sebanyak 10 orang di setiap desanya.

LSP Indonesia menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah KK terpilih di seluruh Banten sebanyak 800 KK yang terpilih di Kab. Serang sebanyak 110, Kab. Pandeglang sebanyak 90 KK, Kab. Tangerang sebanyak 210 KK, Kota Cilegon 30 KK, Kota Serang sebanyak 50 KK, Kab. Lebak sebanyak 90 KK, Kota Tangerang sebanyak 120 KK dan Kota Tangsel sebanyak 100 KK.

KEYWORD :

Pilkada banten LSP Wahidin-Andika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :