Minggu, 05/05/2024 01:18 WIB

Mantap Usung Kader Sendiri di Pilpres, PDIP: Pemimpin yang Berprestasi

Tugas Parpol Adalah Menyiapkan Calon Pemimpin Bangsa

Kepala Daerah Peraih Award Inovasi Membangun Negeri 2023

Ponorogo, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP mempersiapkan dan mengusung kader sendiri di kontestasi pilkada maupun pilpres 2024.

Pengusungan kader sendiri, jelas Hasto, sebagai bukti PDIP merupakan partai politik yang menjalankan tugasnya mencari, mendidik, dan mempersiapkan calon pemimpin bangsa.

"Itu adalah tugas partai politik,” kata Hasto di Ponorogo, Jawa Timur, merespons Stasiun Televisi TV One memberikan penghargaan untuk kepala daerah berprestasi, yang mayoritas adalah kepala daerah dari PDIP.

Untuk diketahui, Gubernur Bali, Wayan Koster penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023, yakni sebagai Pelopor Wisata Ramah Lingkungan. Lalu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey sebagai Pelopor Toleransi dan Kerukunan.

Di level pemerintah kota, penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 dari TV One ini diraih oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi karena memiliki program Inovasi Pelayanan Digital.

Selanjutnya, untuk Pemerintah Kabupaten penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 dari TV One ini diraih oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi karena mampu mewujudkan Pemerintahan Terpadu dengan Konsep Pentahelix.

Tiga kategori penghargaan lain diterima kepala daerah dari partai yang berbeda.

“Empat dari tujuh penghargaan untuk kepala daerah itu diterima oleh kepala daerah dari PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Menurut Hasto, PDIP melembagakan sekolah para calon kepala daerah yang wajib diikuti oleh para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Di kurikulum sekolah partai, selain aspek ideologis, juga dirancang untuk membekali calon terkait dengan tata pemerintahan yang baik.

"Sehingga diharapkan saat menjabat, mereka memiliki prestasi," kata Hasto.

PDIP, lanjut Hasto, menunjukkan komitmen dan tanggung jawab bagi masa depan bangsa dan negara. "Salah satunya mempersiapkan calon pemimpin yang baik," sebutnya.

"Sudah menjadi pola, para kepala daerah berprestasi itu akan mengisi materi di sekolah partai. Agar mereka bisa menyampaikan best practises pengelolaan pemerintahan," lanjut Hasto.

Pada bagian lain, soal calon presiden, Hasto menyatakan pihaknya menghormati hak konstitusional partai politik yang sudah menetapkan calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilu 2024. PDIP sendiri berketetapan akan mengusung kader sendiri menjadi capres.

Hasto mengatakan PDIP bukan mencari pemimpin yang pencitraan, yang tak berprestasi.

“Yang kita cari adalah pemimpin yang digembleng lahir dan batin, yang rekam jejaknya baik, dan itu lahir dari PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Hasto menekankan PDIP akan mendorong kader partai untuk jadi capres di Pilpres mendatang. Kenapa kader partai? Sebab partai memiliki tujuan dalam berorganisasi.

“Karena tujuan kita berpartai untuk mendorong kader-kader partai ditempatkan pada jabatan penting dan strategis setelah dipersiapkan dengan sekolah partai dan penugasan kader-kader partai,” kata Hasto.

KEYWORD :

Pilpres 2024 PDI Perjuangan Kader




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :