Sabtu, 04/05/2024 07:13 WIB

Komisi I DPR: Perlu Gagasan Baru di Persaingan Konten Kreator

Meutya Hafid Mengingatkan Konten Kreator Dituntut Berinovasi dengan Ide-ide Baru

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

Jakarta, Jurnas.com - Perkembangan dunia digital dan media sosial mempengaruhi perkembangan industri kreatif. Saat ini, lahir konten kreator yang dituntut berinovasi dengan ide-ide barunya. 

Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid mengatakan inovasi adalah langkah dasar memulai memproduksi konten jika ingin memasuki industri kreatif. Apalagi, profesi ini sangat diminati kaum milenial.

Politisi perempuan Partai Golkar itu menambahkan industri kreatif saat ini sudah sangat didukung perkembangan ekonomi digital. “Perkembangan platform e-commerce dan dompet digital merupakan produk utama pendukung perkembangan industri kreatif, jadi untuk memulai membangun industri kreatif saat ini sangatlah mudah," ujar Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Konten Kreator: Menjadi Kreatif dan Inovatif di Dunia Digital, Rabu (22/2).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Konten Kreator Infoasikdimas, M Diemas Anggara dan Dosen FISIP UMSU, Nurleli.

Meutya Hafid mengatakan semua generasi dapat merambah dunia industri kreatif, sektor yang paling banyak diminati adalah konten kreator dan influencer. Bidang industri kreatif sangat diminati karena sangat mudah untuk memulainya.

"Selain itu, pengguna media sosial di Indonesia yang sangat banyak, tentu ini akan memudahkan kita dalam mengembangkan industri kreatif yang sedang dibangun,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Konten Kreator Infoasikdimas, M Diemas Anggara membagikan tips dan trik merancang ide di industri kreatif. Pertama, mengetahui terlebih dahulu apa yang diinginkan. 

“Langkah selanjutnya untuk memulai ide industri kreatif adalah percaya dan yakini bahwa alam semesta akan mendukung merealisasikan keinginan kita," katanya.

"Tanamkan nilai positif ini untuk terus memotivasi diri dan tidak menyerah dalam mengembangkan ide industri kreatif,” lanjutnya.

Sementara itu, Dosen FISIP UMSU, Nurleli mengatakan ada beberapa hal yang wajib dimengerti untuk menjadi konten kreator. "Memahi etika media dan mempelajari skill komunikasi dalam pembuatan konten kreatif sekaligus membangun network dengan praktisi industri merupakan hal wajib bagi seorang konten kreator," kata Nurleli.

KEYWORD :

Komisi I DPR Meutya Hafid Konten Kreator




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :