Senin, 29/04/2024 12:56 WIB

Presiden Putin: Kerja Sama Rusia dengan China untuk Menstabilkan Situasi Internasional

Beijing telah berusaha memposisikan dirinya sebagai pihak netral, sambil mempertahankan hubungan dekat dengan sekutunya Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan diplomat top China Wang Yi pada 22 Februari 2023. (Foto: SPUTNIK/AFP/Anton Novoderezhkin)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan dalam pertemuan kerja sama antara Beijing dan Moskow penting untuk "menstabilkan situasi internasional".

"Kerja sama China dan Rusia di panggung dunia sangat penting untuk menstabilkan situasi internasional," kata Putin saat bertemu dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Partai Komunis ChinaWang Yi, Rabu (22/2).

Pertemuan mereka terjadi saat China berusaha tampil sebagai mediator dan diperkirakan akan mengungkapkan solusi politik sendiri untuk konflik Ukraina minggu ini.

Beijing telah berusaha memposisikan dirinya sebagai pihak netral, sambil mempertahankan hubungan dekat dengan sekutunya Rusia. "Dengan pihak Rusia, kami siap memperkuat kemitraan strategis dan kerja sama mendalam kami," kata Wang Yi kepada Putin.

Wang Yi menegaskan, kemitraan antara kedua negara itu tidak ditujukan terhadap negara ketiga mana pun dan tidak menyerah pada tekanan.

Washington dan North Atlantic Treaty Organization (NATO) mengatakan khawatir, China bersiap mengirim senjata dan amunisi untuk membantu Rusia mengejar kampanyenya di Ukraina.

Sebelumnya dia bertemu dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov.

"Meskipun terjadi gejolak tinggi di panggung dunia, kami menunjukkan solidaritas dan kesiapan kami untuk membela kepentingan satu sama lain berdasarkan penghormatan terhadap hukum internasional dan peran sentral PBB," kata Lavrov.

Rusia adalah pemberhentian terakhir Wang Yi dalam tur ke Eropa. Sebelum ke Negeri Beruang Merah, dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Amerika Serikat China Wang Yi Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :