Senin, 29/04/2024 13:12 WIB

Korban Gempa Dahsyat Turkiye-Suriah Tembuhs 35.000 Orang

Delapan hari setelah gempa berkekuatan 7,8, media Turki melaporkan segelintir orang masih ditarik dari puing-puing saat ekskavator menggali kota-kota yang hancur.

Gempa tersebut telah meninggalkan jejak kehancuran sekaligus merenggut lebih dari 30.000 jiwa. (Foto: AFP/OZAN KOSE)

JAKARTA, Jurnas.com - Jumlah korban gempa minggu lalu di Türkiye dan Suriah naik di atas 35.000 pada Senin (13/2), saat tim penyelamat mulai menghentikan pencarian korban selamat dan upaya bantuan dialihkan ke ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal.

Delapan hari setelah gempa berkekuatan 7,8, media Turki melaporkan segelintir orang masih ditarik dari puing-puing saat ekskavator menggali kota-kota yang hancur.

Korban tewas yang dikonfirmasi naik menjadi 35.224 karena pejabat dan petugas medis mengatakan 31.643 orang telah meninggal di Türkiye dan 3.581 di Suriah setelah gempa 6 Februari, gempa paling mematikan kelima sejak awal abad ke-21.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam kegagalan untuk mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke daerah-daerah yang dilanda perang di Suriah dan memperingatkan bahwa jumlah korban akan meningkat lebih tinggi karena para ahli memperingatkan bahwa harapan untuk menemukan orang hidup semakin redup setiap harinya.

"Kirim barang apa pun yang Anda bisa karena ada jutaan orang di sini dan mereka semua perlu diberi makan," Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengimbau warga Turki pada Minggu malam.

Di Kahramanmaras, dekat pusat gempa, 30.000 tenda telah dipasang, 48.000 orang berlindung di sekolah dan 11.500 lainnya di gedung olahraga, katanya. Sementara ratusan tim penyelamat masih bekerja, upaya telah berakhir di tujuh bagian provinsi, tambahnya.

Di Antakya, tim pembersihan mulai mengevakuasi puing-puing dan mendirikan toilet dasar saat jaringan telepon mulai kembali berfungsi di beberapa bagian kota, kata seorang reporter AFP.

Kota itu dipatroli oleh polisi dan militer yang kuat yang dikerahkan pihak berwenang untuk mencegah penjarahan menyusul beberapa insiden selama akhir pekan.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay Minggu malam mengatakan 108.000 bangunan rusak di zona gempa dengan 1,2 juta orang ditampung di akomodasi siswa dan 400.000 orang dievakuasi dari daerah yang terkena dampak.

Paket bantuan, terutama pakaian, dibuka dan disebarkan di jalan-jalan di provinsi Hatay, menurut NTV. Satu video menunjukkan pekerja bantuan melemparkan pakaian secara acak ke kerumunan orang yang mencoba mengambil apapun yang mereka bisa.

Sebuah konvoi dengan perbekalan untuk Suriah barat laut tiba melalui Türkiye, tetapi kepala bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan lebih banyak dibutuhkan untuk jutaan orang yang rumahnya hancur.

"Sejauh ini kami telah mengecewakan orang-orang di Suriah barat laut. Mereka merasa ditinggalkan. Mencari bantuan internasional yang belum tiba," kata Griffiths di Twitter.

Di banyak daerah, tim penyelamat mengatakan mereka tidak memiliki sensor dan peralatan canggih, membuat mereka harus mencari puing-puing dengan hati-hati dengan sekop atau hanya tangan mereka.

"Jika kami memiliki peralatan semacam ini, kami akan menyelamatkan ratusan nyawa, bahkan lebih," kata Alaa Moubarak, kepala pertahanan sipil di Jableh, barat laut Suriah.

Pasokan lambat tiba di Suriah, di mana konflik bertahun-tahun telah merusak sistem perawatan kesehatan, dan sebagian negara tetap berada di bawah kendali pemberontak yang memerangi pemerintah Presiden Bashar al-Assad, yang berada di bawah sanksi Barat.

Namun konvoi 10 truk PBB menyeberang ke barat laut Suriah melalui perbatasan Bab al-Hawa, menurut seorang koresponden AFP, membawa perlengkapan perlindungan, terpal plastik, tali, selimut, kasur dan karpet.

Bab al-Hawa adalah satu-satunya titik bantuan internasional untuk menjangkau orang-orang di daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah setelah hampir 12 tahun perang saudara, setelah penyeberangan lainnya ditutup di bawah tekanan dari China dan Rusia.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertemu Assad di Damaskus pada Minggu dan mengatakan pemimpin Suriah telah menyuarakan kesiapan untuk lebih banyak penyeberangan perbatasan untuk membantu membawa bantuan ke barat laut yang dikuasai pemberontak.

"Dia terbuka untuk mempertimbangkan titik akses lintas batas tambahan untuk keadaan darurat ini," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan.

"Krisis konflik yang semakin parah, COVID, kolera, penurunan ekonomi, dan sekarang gempa bumi telah memakan korban yang tak tertahankan," kata Tedros sehari setelah mengunjungi Aleppo.

Sementara Damaskus telah mengizinkan konvoi bantuan untuk terus maju dari wilayah pemerintah, Tedros mengatakan WHO masih menunggu lampu hijau dari daerah yang dikuasai pemberontak sebelum masuk.

Assad menantikan kerja sama yang efisien" lebih lanjut dengan badan PBB untuk memperbaiki kekurangan pasokan, peralatan dan obat-obatan, kata kepresidenannya.

Dia juga berterima kasih kepada Uni Emirat Arab karena telah memberikan "bantuan besar dan bantuan kemanusiaan", dengan janji puluhan juta dolar.

Setelah berhari-hari berduka dan menderita, kemarahan di Türkiye meningkat karena kualitas bangunan yang buruk serta tanggapan pemerintah terhadap bencana terburuk di negara itu dalam hampir satu abad.

Tiga orang dijebloskan ke balik jeruji besi pada hari Minggu dan tujuh lainnya telah ditahan -- termasuk dua pengembang yang mencoba menyeberang ke negara tetangga bekas Soviet, Georgia.

Sumber: CNA/AFP

KEYWORD :

Gempa Dahsyat Turkiye Suriah Korban Gempa Bumi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :