Rabu, 15/05/2024 04:42 WIB

Pengembang Turkiye yang Dulu Perkasa Tuai Kecaman

Para pejabat Turkiye mengubah mereka menjadi fokus kemarahan publik pada urusan bisnis yang buruk yang tampaknya telah berkontribusi pada skala bencana yang hampir tak terduga.

Gempa tersebut telah meninggalkan jejak kehancuran sekaligus merenggut lebih dari 30.000 jiwa. (Foto: AFP/OZAN KOSE)

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang pengembang Turkiye ditangkap saat mencoba melarikan diri dari negara itu. Dua rekannya terhubung ke menara apartemen mewah yang runtuh akibat gempa dahsyat Senin lalu.

Pengguna media sosial negara yang trauma itu menuntut kepala mereka.

Para pejabat Turkiye mengubah mereka menjadi fokus kemarahan publik pada urusan bisnis yang buruk yang tampaknya telah berkontribusi pada skala bencana yang hampir tak terduga.

Dan para arsitek melihat keruntuhan menara Ronesans sebagai simbol ketidakmampuan Türkiye mempertahankan standar bangunan yang dapat secara dramatis mengurangi jumlah korban bencana.

Jumlah kematian yang dikonfirmasi melampaui 29.000 di Türkiye dan 3.500 di Suriah pada hari Minggu.

Gempa tersebut telah menjadi bencana alam paling mematikan di kawasan itu dalam lebih dari 80 tahun. Tetapi para pejabat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa jumlah kematian akhir mungkin mendekati 50.000.

Pejabat Turkiye telah menanggapi kemarahan tersebut dengan mengumumkan serangkaian penyelidikan dan penangkapan yang cepat terkait dengan bisnis konstruksi dan pengembangan.

Tiga orang dijebloskan ke balik jeruji besi pada Minggu dan tujuh lainnya telah ditahan - termasuk dua pengembang yang mencoba pindah ke bekas republik Soviet Georgia.

Kementerian Kehakiman Türkiye telah mengeluarkan surat perintah untuk 114 orang lagi dan meluncurkan 134 investigasi.

Masalah bagi pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan - yang berkuasa selama 20 tahun terakhir - adalah kasus Ronesan jauh dari unik.

Türkiye telah mendirikan menara melintasi garis patahan dan petak daerah rawan gempa yang telah bersiap menghadapi guncangan besar selama bertahun-tahun.

Salah satu bencana tunggal terbesar menimpa sebuah hotel yang menampung dua lusin siswa Siprus dan 15 orang dewasa pendamping yang berada di Türkiye untuk mengikuti turnamen bola voli.

Semua anak meninggal dan hanya empat orang dewasa yang selamat.

Televisi NTV mengatakan hotel itu ditutup sebentar karena "penyimpangan" konstruksi. Tapi kemudian itu membuka kembali pintunya. "Saya ingin orang-orang ini diadili. Mereka adalah pembunuh," kata seorang saksi runtuhnya hotel yang tidak disebutkan namanya kepada NTV.

Gempa tersebut merobek dinding bangunan "seperti lembaran kertas", kata korban yang selamat.

Erdogan menanggapi kemarahan tersebut dengan menyatakan bahwa tidak ada yang siap menghadapi "bencana terburuk dalam sejarah" Türkiye.

Namun gelombang penangkapan dan penyelidikan menunjukkan perubahan nyata dalam sikap terhadap industri yang telah membantu mengubah daerah terbelakang di Türkiye sambil menikmati ledakan yang menguntungkan.

Enam bulan berlalu sebelum Türkiye menangkap tersangka pertama setelah gempa dahsyat lainnya pada tahun 1999. Lebih dari 17.000 orang tewas di wilayah barat laut negara itu dekat Istanbul pada saat itu.

Pejabat akhirnya membuka 2.100 investigasi terhadap pengembang bangunan yang runtuh. Mereka tidak menghasilkan banyak.

Sebuah amnesti umum pada bulan Desember 2000 melihat 1.800 dari kasus tersebut turun.

Pengadilan menemukan kesalahan hanya dalam 110 kasus. Sebagian besar dari mereka yang dinyatakan bersalah akhirnya mendapat manfaat dari undang-undang pembatasan yang mulai berlaku pada tahun 2007.

Pengembang proyek Ronesans juga mengaku tidak bersalah.

"Saya tidak tahu mengapa bangunan itu runtuh," kata Mehmet Yasar Coskun. "Semua izin dikeluarkan setelah studi oleh pemerintah kota dan perusahaan pengawas."

Seorang walikota setempat yang mengeluarkan izin bangunan pada tahun 2021 juga menolak bertanggung jawab.

"Sebuah perusahaan swasta melakukan prosedur kontrol," kata Seyfettin Yeral kepada situs berita T24. "Kami tidak memiliki karyawan yang dapat melakukan pekerjaan seperti itu."

Türkiye telah mengadopsi serangkaian standar dan peraturan bangunan yang meniru California.

Tapi ini telah direvisi secara berkala - terakhir kali pada tahun 2018. Insinyur dan arsitek yang diwawancarai oleh AFP mengatakan sebagian besar pembangun Türkiye berhasil mengatasi kode yang ada.

"Di atas kertas, standar dihormati, dengan kontrak diberikan kepada perusahaan swasta yang bertanggung jawab untuk mengendalikan mereka," kata arsitek Istanbul Aykut Koksal.

Namun Koksal menekankan bahwa pengembang sering melakukan kesepakatan pribadi dengan perusahaan yang bertugas melakukan inspeksi. Dia mengatakan ini melemahkan penegakan hukum dan memberi pengembang banyak kelonggaran untuk memangkas biaya.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Pengembang Turkiye Gempa Dahsyat Turkiye Suriah Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :