Senin, 29/04/2024 07:44 WIB

Indonesia dan Timor Leste Dorong Pembentukan Perjanjian Bilateral Investasi

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak 

Presiden RI Joko Widodo (kanan) dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indonesia dan Timor Leste sepakat mendorong dimulainya perundingan untuk membentuk perjanjian investasi bilateral (bilateral investment treaty) guna meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2).

"Untuk mendukung kerja sama ekonomi khususnya pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan, kita sepakat untuk mendorong dimulainya perundingan pembentukan bilateral investment treaty," kata Jokowi.

Dia mengatakan dalam pertemuan bilateral dengan PM Timor Leste ini, dirinya banyak menekankan mengenai pentingnya kerja sama ekonomi kedua negara.

Jokowi menyambut baik meningkatnya hubungan perdagangan kedua negara. Masing-masing negara, kata Jokowi, berkomitmen untuk mengintensifkan pembahasan mengenai pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan, yakni antara Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia dan Oecusse, Timor Leste.

Jokowi juga menyambut baik mengenai peluncuran perdana trayek bus untuk rute Kupang, NTT--Dili, Timor Leste, yang meningkatkan konektivitas darat.

"Secara khusus saya juga mendorong agar biaya logistik transportasi laut untuk kegiatan bisnis dapat diturunkan," ujarnya.

Selain kesepakatan untuk segera menyusun perjanjian bilateral investasi, kedua pemimpin juga memahami pentingnya pengelolaan kawasan perbatasan dan penguatan kerja sama pembangunan.

Indonesia yang merupakan Ketua ASEAN pada 2023 juga menyinggung mengenai posisi Timor Leste yang secara prinsip telah diterima sebagai anggota organisasi kawasan itu. Saat ini, kata Presiden Jokowi, peta jalan (road map) untuk keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN sedang disiapkan.

"Roadmap untuk keanggotaan penuh sedang dipersiapkan, dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini dan Timor Leste telah mengikuti pertemuan-pertemuan ASEAN dengan status sebagai observer, termasuk pertemuan para Menlu ASEAN awal Februari yang lalu," tutur Presiden Jokowi.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Joko Widodo PM Timor Leste Taur Matan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :