Selasa, 14/05/2024 13:22 WIB

Disiapkan Sejak Dini, Kakorlantas Tinjau Langsung Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2023

Kakorlantas Polri meninjau kesiapan jalur alternatif yang bakal digunakan pada mudik Hari Raya Idul Fitri 2023

Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi. (Foto: Jurnas/TMC PMJ).

Jakarta, Jurnas.com- Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau kesiapan jalur alternatif yang bakal digunakan pada mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Kakorlantas Polri bersama Dirjen Hubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, dan Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Akhmad Cahyadi mengecek jalur mudik di Pantai Selatan (Pansela). Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2023.

“Kami ingin mengumpulkan informasi semaksimal mungkin jalur Pansela ini. Hingga hari pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023," terang Firman dalam siaran persnya, Jumat (20/1/2023).

Masih dari keterangan Firman, peninjauan sengaja dilakukan untuk memastikan jalur yang akan dilewati oleh calon pemudik sudah cukup aman untuk digunakan.

Pihaknya juga mengidentifikasi hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kelancaran proses mudik.

"Tentang keberadaan personel, sementara ini kami minta Polda Banten menghitung betul. Apakah kami perlu membuka pos dengan kategori tertentu dalam artian lengkap dengan dapur lapangannya,” ujarnya.

Menurutnya, bila memang dirasa kurang, maka Korlantas akan mengirim pasukan ke jalur Pansela. Firman juga menuturkan, jalur Pansela secara fisik jalan sudah sangat baik dan dapat menjadi salah satu alternatif jalur mudik.

Ia melanjutkan, masyarakat memanfaatkan jalur itu saat mudik dengan satu penyebaran, pemanfaatan jalan yang sangat baik antara jalur tol dan non tol.


KEYWORD :

Idul Fitri 2023 Kakorlantas Jalur Alternatif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :