Senin, 29/04/2024 10:13 WIB

Tuntut Kenaikan Gaji, Perawat di Inggris Mogok Kerja

Pemogokan terjadi setelah perawat mengadakan penghentian pertama serikat mereka dalam lebih dari satu abad bulan lalu.

JAKARTA, Jurnas.com - Perawat di seluruh Inggris memulai dua hari pemogokan karena gaji pada Rabu (18/1), mengancam gangguan baru bagi pasien di layanan kesehatan yang dikelola pemerintah, karena angka baru menunjukkan inflasi masih melonjak.

Pemogokan terjadi setelah perawat mengadakan penghentian pertama serikat mereka dalam lebih dari satu abad bulan lalu, menyusul dengan gelombang aksi industri oleh pekerja sektor publik Inggris yang dilanda krisis biaya hidup yang didorong oleh kenaikan harga.

Statistik inflasi tahunan terbaru, dirilis Rabu pagi, menunjukkan mereka tetap mendekati tingkat rekor historis, dengan tingkat penurunan sedikit pada Desember menjadi 10,5 persen, dibandingkan dengan 10,7 persen bulan sebelumnya.

Serikat perawat utama menuduh pemerintah gagal bernegosiasi secara serius untuk meningkatkan kesepakatan gaji mereka untuk tahun ini, yang menurut mereka sangat penting mengingat situasi ekonomi.

"Kami melakukan aksi mogok dengan berat hati tetapi pikiran jernih tentang apa yang ingin kami capai," kata perawat Anna Swift sebelum bergabung dengan barisan piket di pusat kota London.

"Sudah waktunya mengambil tindakan untuk mengatakan kami membutuhkan gaji yang lebih baik, kami membutuhkan kondisi yang lebih baik," katanya kepada Sky News.

Pemogokan terbaru menambah tekanan lebih lanjut pada Layanan Kesehatan Nasional (NHS) pada saat permintaan puncak karena penyakit musim dingin dan perpanjangan daftar tunggu untuk perawatan yang disebabkan oleh pembatalan COIVD-19 dan kekurangan staf.

Pemogokan lebih lanjut direncanakan pada 6 Februari dan 7 Februari oleh serikat Royal College of Nursing (RCN), yang mengatakan mereka akan "berada pada intensitas tertinggi" dalam sejarahnya.

Perdana Menteri Konservatif Rishi Sunak bersikeras Inggris yang dilanda resesi tidak mampu membuka kembali gaji sektor publik yang telah ditetapkan untuk tahun fiskal ini, yang berakhir pada 31 Maret.

Dia telah mengisyaratkan kemungkinan lebih banyak fleksibilitas dalam menyetujui kesepakatan gaji yang akan datang, ditangani oleh badan peninjauan gaji yang independensinya dari pemerintah telah dipertanyakan.

"Kenaikan gaji yang tidak terjangkau berarti memotong perawatan pasien dan memicu inflasi yang akan membuat kita semua lebih miskin," tulis menteri kesehatan Steve Barclay dalam sebuah op-ed pada hari Rabu di The Independent.

Dia menambahkan bahwa kenaikan gaji akan "menghilangkan miliaran pound dari tempat yang paling kita butuhkan".

Tapi Pat Cullen, kepala RCN, mengatakan perawat adalah "suara pasien" dan telah berulang kali mendesak pemerintah untuk menegosiasikan gaji untuk mempertahankan staf yang terkepung dan menarik rekrutan baru.

"Mari kita semua masuk ke ruangan dan duduk dan melakukan percakapan yang realistis tentang bagaimana kita akan mengatasi krisis dalam layanan kesehatan," katanya kepada ITV.

Terlepas dari gangguan pada NHS, penderitaan para perawat telah memicu simpati publik. Jajak pendapat YouGov yang diterbitkan pada hari Selasa menyarankan 63 persen mendukung pemogokan mereka.

Matthew Taylor, kepala Konfederasi NHS, yang mewakili penyedia layanan kesehatan negara bagian di Inggris dan Wales, telah mendesak para menteri untuk memperbarui pembicaraan pembayaran dengan serikat pekerja.

"Pesan kami kepada pemerintah adalah memberi NHS kesempatan berjuang dan melakukan semua yang Anda bisa untuk mengakhiri perselisihan yang merusak ini," kata Taylor.

Pemogokan minggu ini dapat menyebabkan 4.500 operasi dibatalkan dan 25.000 membatalkan janji rawat jalan, perkiraan Konfederasi NHS.

Serikat pekerja GMB yang mewakili pekerja ambulans juga diharapkan mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan melanjutkan aksi mogok.

Pengemudi ambulans dan paramedis bulan ini mengadakan pemogokan kedua mereka dalam dua bulan karena gaji dan ketentuan.

GMB tweeted pada hari Selasa bahwa "keheningan pemerintah pada pembayaran memberikan ... tidak ada pilihan selain mogok".

Sementara itu anggota parlemen pada hari Senin memberikan dukungan awal terhadap undang-undang kontroversial yang diperkenalkan oleh Sunak yang akan mewajibkan beberapa pekerja garis depan untuk mempertahankan tingkat layanan minimum selama pemogokan.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Inggris Mogok Kerja Perawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :