Kamis, 02/05/2024 22:04 WIB

Konglomerat Inggris Sir Jim Ratcliffe Tertarik Beli MU

Konglomerat Inggris Sir Jim Ratcliffe Tertarik Beli MU

Pendukung Manchester United (Foto: Uniland)

London, Jurnas.com - Presiden sekaligus CEO Ineos, Sir Jim Ratcliffe, yang saat ini menyandang predikat salah satu orang terkaya di Inggris, tertarik mengakuisisi Manchester United (MU) dari tangan keluarga Glazer.

Glazer yang menjadi pemilik Setan Merah saat ini, telah mengendalikan klub selama 17 tahun sejak menyelesaikan pengambilalihan penuh pada musim panas 2005 silam.

Namun, kepemilikan konglomerat asal Amerika Serikat tersebut kerap menuai protes dari para pendukung, karena Glazer dinilai pelit dalam belanja pemain dan peremajaan fasilitas klib. Protes kian massif dalam beberapa tahun terakhir.

Kini, Ratcliffe yang merupakan penggemar MU, mengumumkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan penawaran kepada keluarga Glazer.

"Kami telah secara resmi memasukkan diri ke dalam proses," kata juru bicaranya dikutip dari Sports Mole pada Rabu (18/1).

Pria berusia 70 tahun itu adalah salah satu pihak yang tertarik untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich tahun lalu, tetapi dia gagal dengan tawaran £4,25 miliar untuk mengambil alih di Stamford Bridge, di mana dia adalah pemegang tiket musiman.

Miliarder 70 tahun itu adalah salah satu pihak yang tertarik untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich tahun lalu, tetapi dia gagal dengan tawaran £4,25 miliar untuk mengambil alih Stamford Bridge, meski dia adalah pemegang tiket musiman.

Saat ini, Ratcliffe memiliki tim Ligue 1 Nice dan klub Liga Super Swiss FC Lausanne-Sport, serta mengakuisisi saham tim Formula Satu Mercedes pada 2020 lalu.

Namun, Presiden Ineos rencananya tidak akan sendirian membeli United karena laporan tersebut menambahkan bahwa tawaran diharapkan datang dari Asia, Amerika Serikat, dan Timur Tengah.

KEYWORD :

Sir Jim Ratcliffe Manchester United Liga Inggris Keluarga Glazer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :