Senin, 29/04/2024 10:15 WIB

Pelaku UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia

Pelaku UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto istimewa/ Jurnas)

JAKARTA, Jurnas.com - Di tengah resesi di negara lain, ekonomi Indonesia tumbuh 5,72 persen pada triwulan III, termasuk tertinggi di dunia. Indonesia juga mengalami surplus perdagangan pada Januari-November 2022 sebesar USD 50,59 miliar.

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) saat bertemu dengan 200 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Jumat (30/12) di Bandung, Jawa Barat.

"Ini semua atas peran pelaku UMKM sebagai pahlawan ekonomi Indonesia. Pemerintah bertugas untuk mendukung dan melayani pelaku usaha, khususnya UMKM," ujar Mendag Zulhas.

 

Mendag Zulhas mengajak pelaku UMKM berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas produk Indonesia. Tujuannya agar produk Indonesia semakin diterima di pasar internasional, khususnya pasar ekspor baru.

 

"Saya mengajak pelaku UMKM berkolaborasi dengan pemerintah, baik pusat dan daerah untuk mengembangkan produk Indonesia agar lebih berkualitas dan bagus, baik dari sisi tampilan, desain, maupun kemasan. Tujuannya, agar produk Indonesia mampu menembus pasar internasional, khususnya pasar baru," kata Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menguraikan, saat ini pasar tradisional tujuan ekspor Indonesia mengalami penurunan. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melakukan terobosan dengan meningkatkan penetrasi ke pasar baru, seperti di kawasan Afrika, Timur Tengah, serta Asia Selatan.

Pemerintah juga membuka `jalan tol` dengan negara tujuan, khususnya pasar nontradisional di antaranya seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab (UEA), Chili, dan negara-negara ASEAN.

"Ini semua dilakukan agar produk pelaku UMKM bisa masuk ke negara-negara tersebut dengan mudah agar ekonomi tetap tumbuh," ucap Mendag Zulhas.

Di samping itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga menyediakan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan para pelaku UMKM melalui pelatihan ekspor dan desain. Tujuannya untuk meningkatakan kemampuan dan wawasan pelaku UMKM.

 

 

KEYWORD :

Zulkifli Hasan Pelaku UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :