Kamis, 02/05/2024 21:47 WIB

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Arah Laut Jepang

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Arah Laut Jepang.

Uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara pada 24 Maret 2022. (Foto file: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Korea Utara dilaporkan telah menembakkan dua rudal balistik ke arah Laut Jepang. Ini merupakan peluncuran terbaru oleh Pyongyang dari rentetan uji coba rudal dalam setahun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Japan Times melaporkan, penjaga Pantai Jepang mengatakan rudal balistik pertama ditembakkan pada Sabtu pagi tak lama setelah pukul 08:00 waktu setempat (23:00 GMT) dan yang kedua diluncurkan sekitar pukul 08:16 (23:16 GMT).

Rudal itu jatuh di Laut Jepang tetapi di luar zona ekonomi eksklusif Jepang – badan air yang membentang sekitar 370 km (200 mil laut) dari garis pantai negara itu, menurut organisasi berita tersebut.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengkonfirmasi peluncuran rudal pertama oleh Korea Utara tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut, seperti jenis senjata tertentu atau jarak yang ditempuh rudal tersebut.

Hingga kini, Korea Utara telah menembakkan sekitar 70 rudal balistik, termasuk sekitar delapan rudal balistik antarbenua (ICBM), yang ditembakkan sepanjang tahun, yang paling banyak dilakukan oleh Pyongyang.

Peluncuran Sabtu juga terjadi hanya beberapa hari setelah Korea Utara diduga menerbangkan drone ke wilayah udara Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak 2017, mendorong Seoul untuk mengerahkan jet tempur dan helikopter untuk menembak jatuh kendaraan udara tak berawak tersebut.

Militer Korea Selatan kemudian meminta maaf karena gagal menembak jatuh drone dan Presiden negara itu Yoon Suk Yeol sejak itu menyerukan pertahanan udara yang lebih kuat dan drone siluman berteknologi tinggi untuk memantau Korea Utara dengan lebih baik.

KEYWORD :

Korea Utara Rudal Balistik Korea Selatan Amerika Serikat Laut Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :