Selasa, 07/05/2024 14:07 WIB

Himpaudi Luncurkan Buku Praktik Baik Pencegahan Korupsi di PAUD

Himpaudi Luncurkan Buku Praktik Baik Pencegahan Korupsi di PAUD

Peluncuran buku pencegahan korupsi di PAUD di Gedung Perpusnas (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) meluncurkan buku mengenai 30 praktik baik pencegahan korupsi di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dalam seminar nasional yang diselenggarakan pada Kamis (15/12) kemarin di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Seminar bertajuk `PAUD Fondasi Pencegahan Korupsi di Indonesia` ini dihadiri oleh 30 finalis Apresiasi Pendidik Pejuang PAUD Manjur dari berbagai wilayah di Indonesia, serta 250 peserta ketua Himpaudi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Tenggara, Yogyakarta, dan Lampung.

Selain itu, hadir pula Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Ketua Dewan Pembina Himpaudi Pusat Fasli Jalal, Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili Kepala Pusat Jasa Informasi, dan Ketua KPK diwakili Direktur Jejaring Pendidikan KPK.

Ketua Umum Himpaudi, Netti Herawati, mengatakan bahwa PAUD merupakan fondasi pencegahan korupsi sejak usia dini. Sebab, setiap anak lahir dengan potensi jujur, namun apa yang didengar, dilihat dan dialami anak akan tersimpan di memori otaknya. Lalu, memori inilah yang menjadi penentu sikap, tindakan dan perilaku jujur anak di usia selanjutnya.

"Tingginya korupsi dan budaya ketidakjujuran tergantung pendidikan yang memberikan learning dan pembiasaan. Lalu, inilah menjadi memori yang mendasari perilakuknya korupsi atau tidak," kata Netti dalam sambutannya.

"Orang dewasa hari ini tergantung learning dan memorinya sejak usia dini, sehingga kami meyakini PAUD adalah fondasi pencegahan antikorupsi," imbuh Netti.

Dengan demikian, lanjut Netti, peran guru sangat vital dalam tahap ini. Menurut dia, PAUD berkualitas harus memiliki guru yang profesional mengembangkan nilai kejujuran.

"Ada banyak tugas guru PAUD, mengembangkan semua nilai karakter di antaranya nilai jujur. Bukan hanya itu, guru PAUD juga diamanahkan mewujudkan anak bergizi baik dan sehat," ujar dia.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu dasar pendidikan karakter ialah kejujuran. Karena itu, Kurikulum Merdeka memasukkan karakter sebagai hal yang tidak terpisahkan dari pembelajaran di kelas.

"Semakin dini kita melakukan pendidikan antikorupsi, semakin baik bagi Indonesia. Pendidikan karakter harus berbasis project sehingga nilai jujur ini dapat dikembangkan secara nyata," terang Nadiem.

Selain itu, dengan kejujuran, peserta didik akan tumbuh menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas serta berkarakter. Mereka juga akan menerapkan nilai jujur untuk kehidupan sehari-harinya.

"Bukan hanya guru di PAUD tapi harus bersama dengan orang tua di rumah," tutup Nadiem.

Seminar nasional yang diiringi dengan peluncuran buku `Praktik Pengembangan Nilai Jujur di Satuan PAUD` juga diisi dengan penyerahan penghargaan dari Himpaudi kepada Mendikbudristek. Dikatakan, anugerah ini diberikan atas dedikasi Nadiem yang memahami diskriminasi pendidik PAUD selama 17 tahun terakhir melalui RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

KEYWORD :

Himpaudi Praktik Baik Pencegahan Korupsi Netti Herawati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :