Minggu, 12/05/2024 18:35 WIB

13.944 Calon Guru Ikuti PPG Prajabatan Gelombang 2

13.944 Calon Guru Ikuti PPG Prajabatan Gelombang 2

Plt Dirjen GTK Kemdikbudristek, Nunuk Suryani (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 13.944 calon guru mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang kedua di 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Penyerahan peserta PPG Prajabatan dilakukan secara daring oleh Ditjen GTK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Plt. Dirjen GTK, Nunuk Suryani mengapresiasi 72 LPTK penyelenggara PPG Prajabatan Tahun 2022, atas kolaborasi dan dedikasinya dalam mempersiapkan generasi baru guru-guru profesional di Indonesia.

Dia mengungkapkan bahwa program ini dipersiapkan dengan rancangan model baru, di mana terdapat perbedaan dengan pelaksanaan PPG Prajabatan sebelumnya. Perbedaan tersebut mulai dari perencanaan, proses seleksi, perkuliahan, hingga kelulusan.

"Proses seleksi yang komprehensif merupakan salah satu transformasi yang dilakukan dalam proses pelaksanaan PPG Prajabatan tahun ini," kata Nunuk dalam keterangan pers pada Jumat (9/12).

"Sementara itu, dalam proses penyelenggaraan perkuliahan, PPG Prajabatan tahun ini akan lebih mengedepankan inkuiri dan kebiasaan berefleksi, serta terintegrasi langsung dengan kampus, sekolah, dan masyarakat, dengan memanfaatkan beragam dukungan teknologi digital," imbuh dia.

Direktur Pendidikan Profesi Guru, Ditjen GTK, Temu Ismail, menyebut program ini dirancang dalam dua tahapan atau gelombang. Proses pendaftaran Gelombang 1 dilaksanakan pada 1 Juni-15 Juli 2022, dengan membuka 17 bidang studi. Sementara itu, proses pendaftaran Gelombang 2 dibuka pada 26 Agustus—30 September 2022 untuk 18 bidang studi.

Proses penerimaan peserta PPG Prajabatan terdiri atas beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi, sampai pada penempatan di LPTK.

"Untuk proses seleksi meliputi seleksi administrasi, tes substantif yang diselenggarakan di 55 TUK di 34 provinsi, serta tes wawancara yang dilaksanakan secara daring dengan melibatkan asesor pewawancara dari dosen-dosen LPTK yang telah mendapatkan pelatihan khusus," terang Temu.

Dalam proses seleksi PPG Prajabatan Gelombang 2, telah tersaring sebanyak 13.944 peserta dan mereka akan memulai perkuliahan pada 8 Desember 2022. Temu menambahkan, pemantauan dan koordinasi akan terus dilakukan dengan LPTK penyelenggara hingga program ini berakhir.

KEYWORD :

PPG Prajabatan Ditjen GTK Nunuk Suryani Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :