Senin, 29/04/2024 09:52 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Untar Kirim 100 Tenaga Medis

Bantu Korban Gempa Cianjur, Untar Kirim 100 Tenaga Medis

Tenaga medis Universitas Tarumanagara (Untar) membantu korban gempa Cianjur (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (Untar) menerjunkan 100 tenaga medis untuk menolong korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Keberangkatan tim medis dilepas oleh Dekan FK Untar, Noer Saelan Tadjudin.

Koordinator lapangan FK Untar, Denny, mengatakan tim bekerja sama dengan Alumni dan Banser NU memberi bantuan kepada warga di desa Cibeureum, Cugenang, yang merupakan salah satu lokasi paling terkena dampak gempa.

"Bantuan yang diberikan diantaranya obat-obatan, makanan, pakaian, selimut, mainan anak-anak dan tenda. Tim Untar juga direncanakan akan bergerak ke tempat lain yang masih membutuhkan bantuan," jelas Denny.

Pemeriksaan kesehatan, pertolongan darurat, perawatan korban luka termasuk kegiatan memberi hiburan untuk pemulihan trauma kepada anak-anak merupakan bentuk bantuan tim kesehatan Untar yang terdiri atas lima dokter dibantu para mahasiswa FK.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan, mengatakan Untar kembali hadir ke tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian yang membutuhkan bantuan.

"Kami turut prihatin atas bencana alam gempa bumi yang melanda daerah Cianjur dan sekitarnya," terang Agustinus dalam keterangannya pada Minggu (27/11).

"Kami memberikan donasi dalam bentuk dana melalui relawan LLDIKTI IIII yaitu REDI, juga mengirimkan Tim Medis dari FK Untar untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhan, serta melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik," imbuh dia.

Agustinus berharap masyarakat Cianjur dan sekitar dapat segera pulih kembali, sehingga dapat menjalani kembali kehidupan dengan baik. Menurut dia, Untar berkewajiban membantu para korban sesuai kapasitas yang dimiliki dan berkoordinasi dengan pemerintah.

"Pengiriman tenaga medis dan sukarelawan serta bantuan kepada korban dilakukan atas dasar kemanusiaan untuk menolong sesama. Untar berupaya berpartisipasi aktif memberikan bantuan terhadap peristiwa kemanusiaan untuk menunjukkan solidaritas sebagai satu keluarga besar Indonesia," tutup dia.

KEYWORD :

Untar Tenaga Medis Universitas Tarumanagara Gempa Cianjur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :