Senin, 29/04/2024 05:16 WIB

18 Karya TIK Indonesia Bakal Bersaing di AICTA 2023

18 Karya TIK Indonesia Bakal Bersaing di AICTA 2023

Penganugerahan pemenang IdenTIK 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 18 karya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia bakal bersaing dalam kompetisi regional Asean ICT Awards (AICTA), yang bakal berlangsung pada 2023 mendatang.

18 karya tersebut terpilih dari 190 karya yang mengikuti kompetisi Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) 2022. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menetapkan enam kategori untuk tiga besar pemenang.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, mengatakan bahwa IdenTIK berupaya mendorong munculnya karya TIK yang mampu memberikan solusi, membuka lapangan kerja baru, serta memberikan dorongan bagi sektor ekonomi Indonesia.

Selain itu, para pemenang IdenTIK juga berpeluang untuk berpartisipasi dalam ajang tingkat dunia.

"Tentunya hal ini tidak hanya untuk di Indonesia, tetapi juga akan mengikuti kompetisi di tingkat regional khususnya ASEAN. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan membawanya ke tingkat global," jelas dia.

Ketua Dewan Juri IdenTIK, Eko K. Budiarjo menerangkan, untuk menghasilkan karya yang unggul harus ada lawan guna membuktikan bahwa karya tersebut merupakan karya yang hebat.

"Dalam rangka Road to ASEAN, kita tidak hanya mampu menjelaskan, tapi juga meyakinkan dewan juri ASEAN bahwa karya kita berkualitas baik. Hal ini adalah peluang emas dan sangat besar," ucap dia.

Selain memperoleh pembinaan dari Dewan Juri IdenTIK, para pemenang IdenTIK 2022 akan menerima uang pembinaan dengan total nilai 30 juta rupiah (terkecuali kategori Public Sector), free credits dari Xendit, kesempatan mengikuti tahapan program Startup Studio Indonesia dan tahapan incubation program 1000 startup digital, serta credit senilai USD10.000 hingga USD25.000 dari Amazon Web Services (AWS) bagi yang melanjutkan mengikuti program hub.id.

Adapun 18 karya yang terpilih yaitu: Public Sector meliputi PeduliLindungi, Sipandu Satu Bimtek; Private Sector meliputi InCrane, Orderdulu, Blod.id; Startup Company meliputi Jaramba, Kedip, Tandatangan.io; Research Development meliputi Bottani, Pegonizer, Smart EcoRoom by MyEco; Corporate Social Responsibility meliputi Website Special Hub, PetaNetra, Fasih; dan Inovasi Teknologi Konten Digital yaitu Oxima, ViraExpoir, Nusantaraverse.

KEYWORD :

AICTA 2023 Karya TIK Startup Kemkominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :