Selasa, 07/05/2024 04:52 WIB

Setelah Beredar di Medsos, Bocah Dipasung Ditangani Pemkab Karawang

Erik dipasung dengan cara diikat menggunakan rantai besi pada bagian tangan dan kakinya.

ilustrasi

Karawang – Bocah berumur delapan tahun asal Desa Pangulah Utara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang dipasung oleh keluarganya sudah lebih dari setahun karena berkelakuan aneh dan tidak wajar, akhirnya ditangani oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Pemkab menanganinya setelah mengetahui kasus pemasungan itu beredar di media sosial (Medos), meski jauh sebelumnya pihak keluarga sudah melaporkan ke dinas sosial setempat.

Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari kesal atas beredarnya kabar warga Karawang yang dipasung selama bertahun-tahun. "Tidak boleh ada warga Karawang yang dipasung, apalagi ini anak dibawah umur. Harusnya kejadian ini segera dilaporkan ke pemkab, agar bisa diatasi," kata dia.

Zamakhsyari mengakui mendapatkan kabar pemasungan terhadap Erik melalui media sosial. Erik akan dibawa ke salah satu pesantren di Karawang yang terkenal bisa mengobati orang mengalami gangguan jiwa. Selain itu, Erik juga akan diperiksa di RSUD Karawang untuk dicek kondisi kesehatan fisiknya.

Orang tua Erik, Ahmad, mengaku terpaksa memasung anaknya karena seringkali berkelakuan aneh dan tidak wajar. Anaknya juga dipasung karena sering merusak barang milik tetangga, bahkan sempat kabur dari rumah. "Kita tidak punya uang untuk membawa Erik ke rumah sakit jiwa," kata dia seperti dikutip Antara.

Terkait kasus pemasungan Erik, pihak pemerintah desa dan Pekerja Sosial Masyarakat Desa Pangulah Utara sebenarnya beberapa kali sudah melapor ke Dinas Sosial Karawang. Namun tidak pernah ada tindaklanjut.

Kepala Desa Pangulah Utara, Darwin, mengakui pernah ada petugas Dinas Sosial datang ke rumah Erik. Tujuan kedatangan petugas Dinas Sosial Karawang itu ialah untuk mengecek kondisi Erik yang dilaporkan telah dipasung. Tetapi setelah itu tidak ada sama sekali tindak lanjut untuk penanganan kejiwaan yang dialami Erik.

Erik dipasung dengan cara diikat menggunakan rantai besi pada bagian tangan dan kakinya. Pemasungan terhadap Erik itu dilakukan di rumahnya, Desa Pangulah Utara.  Setelah diketahui Pemkab, kini penyakit Erik dapat ditangani secara lebih manusiawi.

KEYWORD :

Dipasung Bocah Dipasung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :