Jum'at, 26/04/2024 19:33 WIB

Produksi Minyak Blok Cepu Bakal Digenjot

Exxonmobil saat ini masih diminta SKK Migas untuk melakukan serangkaian tes untuk kemampuan peningkatan produksi.

eksploitasi minyak

Cepu - Blok Cepu, Jawa Tengah, yang dioperasikan oleh Exxonmobil akan menaikkan kapasitas produksi minyak di atas 200 ribu barel per hari atau meningkat sekitar 20 persen dari target. Saat ini produksi mencapai 185 ribu barel per hari, dan sudah dilakukan tes selama beberapa waktu mampu memproduksi secara konsisten di angka 203 ribu barel per hari.

"Kalau pastinya kami belum tahu yang jelas di atas 200 ribu barel per hari kapasitas mesin yang dimiliki masih mampu," kata Vice President Public and Government Affairs Exxonmobil Cepu Limited, Erwin Maryoto di Cepu, Sabtu (21/1).

Menurutnya, Exxonmobil saat ini masih diminta SKK Migas untuk melakukan serangkaian tes untuk kemampuan peningkatan produksi, sehingga angka pasti belum bisa muncul.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa produksi semakin banyak akan menjadikan hal positif bagi negara, hanya saja memang ada yang harus dipenuhi persyaratannya. "Makin banyak makin positif, dan untuk 203 ribu barel per hari juga masih dalam kapasitas Amdal yang disetujui, kalau memang mau dinaikkan lagi ya berarti hari revisi Amdal-nya," kata Jonan seperti dikutip Antara.

Jonan juga mengatakan telah meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membantu memprioritaskan penanganan masalah Amdal dengan baik dan cepat sesuai aturan agar peningkatan target sebesar 20 persen dari target awal Blok Cepu tidak menimbulkan masalah.

Di Blok Cepu terdapat sebanyak 45 sumur produksi total dengan dilengkapi 6 turbin generator penghasil tenaga listrik. Exxonmobil juga memiliki distribusi listrik sendiri untuk memenuhi kebutuhan produksi sebesar 12 Mw serta memiliki luas lahan 450 ha.

KEYWORD :

Migas Bojonegoro Blok Cepu produksi minyak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :