Minggu, 28/04/2024 23:47 WIB

Indonesia Layak Jadi `Kiblat` Industri Fashion Muslim Dunia

Indonesia layak jadi kiblat industri Fashion Muslim dunia

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas). (Foto/dok. Istimewa/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, Banten, pada 20-22 Oktober 2022, mengisyaratkan bahwa Indonesia sudah siap untuk menjadi pusat fashion muslim dunia.

Gelaran JMFW 2023 yang mengangkat tema `From Local Wisdom To Global Inspiration` ini, merupakan implementasi dari arahan Wakil Presiden RI, Ma`ruf Amin, dalam upaya pengembangan fashion muslim di Tanah Air.

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) dalam telekonferensi, Kamis (20/10). "Terutama dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia," kata Mendag Zulhas.

Dia menjelaskan, potensi pasar muslim dan modest fashion di Indonesia saat ini sangat besar. Setidaknya, ada dua hal yang membuat pemerintah meyakini bahwa Indonesia mampu berkiprah lebih besar lagi, di kancah fashion muslim global.

"Pertama, populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. Pada 2060 jumlahnya diprediksi meningkat menjadi 30 persen populasi dunia," ujarnya.

Kedua yakni daya beli produk modest fashion yang tercatat meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir. Apalagi, Zulhas menegaskan bahwa capaian itu masih akan terus meningkat, sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen atau populasinya.

Untuk itu, lanjut Zulhas, pengembangan muslim dan modest fashion telah menjadi salah satu `concern` bagi Kementerian Perdagangan, yang juga menjalin kerja sama dengan pihak lain seperti Kadin Indonesia, dalam menginisiasi penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion Week ini.

"Kegiatan ini juga melibatkan kementerian dan lembaga lain, Indonesian Fashion Chamber, asosiasi tekstil, fashion dan kosmetik, akademisi, brand fashion, serta para sponsor Jakarta Muslim Fashion Week 2023," ujarnya.

Diketahui, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 resmi dibuka pada hari ini oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Pameran akan berlangsung hingga 22 Oktober 2022, dan diharapkan dapat meningkatkan penggunaan produk pakaian muslim terutama hasil produksi sektor UMKM. "Jakarta Muslim Fashion Week 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Ma`ruf Amin.

 

KEYWORD :

Mendag Zulhas fashion muslim JMFW




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :