Selasa, 30/04/2024 02:46 WIB

India Berhasil Uji Coba Rudal dari Kapal Selam

India Berhasil Uji Coba Rudal dari Kapal Selam.

Kapal selam kelas Scorpene ketiga angkatan laut India Karanj di pangkalan angkatan laut di Mumbai pada tahun 2021 (File: Punit Paranjpe/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) India mengatakan, pihaknya berhasil menguji rudal balistik yang ditembakkan dari kapal selam bertenaga nuklir pertamanya, INS Arihant.

"Peluncuran itu adalah bukti kompetensi kru dan memvalidasi kemampuan rudal balistik kapal selam India, elemen kunci dari kemampuan pencegahan nuklir India," kata Kemhan India, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (15/10).

"Semua parameter operasional dan teknologi sistem senjata, yang diluncurkan dari INS Arihant di Teluk Benggala, telah disahkan," tambahnya. 

Saat ini, India menjadi negara keenam, di samping China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir yang dipersenjatai dengan rudal balistik, Times of India melaporkan pada hari Jumat.

Keberhasilan penembakan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) juga menggarisbawahi dorongan India untuk membangun perangkat keras militernya sendiri.

Pada bulan September, India memulai debutnya kapal induk buatan lokal pertamanya, INS Vikrant, yang dipuji sebagai tonggak sejarah dalam upaya untuk melawan peningkatan ketegasan militer China di wilayah tersebut.

INS Vikrant adalah salah satu kapal angkatan laut terbesar di dunia, dengan panjang 262 meter (860 kaki), dan mulai beroperasi setelah 17 tahun konstruksi dan pengujian.

Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi juga baru-baru ini meluncurkan batch pertama helikopter serang buatan India, yang dirancang untuk digunakan di daerah dataran tinggi seperti Himalaya di mana pasukannya bentrok dengan China pada tahun 2020.

India adalah salah satu importir senjata terbesar di dunia dan sedang berusaha untuk meningkatkan industri senjata dalam negeri karena negara itu terus sangat bergantung pada persenjataan dari Moskow, pemasok militer terbesar dan tertuanya selama beberapa dekade.

The Times of India melaporkan, INS Arihant adalah kapal selam nuklir buatan pertama India dan diluncurkan pada2009. Sejak itu India telah mengembangkan dua rudal yang diluncurkan dari kapal selam permukaan-ke-permukaan, salah satunya memiliki jangkauan 3.500 km (2174 mil).

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Kapal Selam India INS Arihant Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :