Jum'at, 26/04/2024 16:28 WIB

Presiden UEA dan Putin Bahas Konflik Ukraina

Presiden UEA dan Putin Bahas Konflik Ukraina.

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Alarabiya)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin selama kunjungan ke Saint Petersburg untuk membahas konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan kebutuhan untuk menjaga dialog Rusia-Ukraina tetap terbuka.

Presiden Putin memberikan penjelasan rinci kepada Sheikh Mohamed tentang situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina selatan dan tentang upaya Rusia untuk menjaga keamanan nuklir, kantor berita negara WAM melaporkan Rabu.

Sheikh Mohamed mengatakan bahwa UEA terus memantau situasi di pabrik.

Presiden Putin menyatakan apresiasi Rusia atas upaya UEA dalam memainkan peran kunci dalam pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina, dengan mengatakan itu adalah bukti kesiapannya untuk mendukung upaya mediasi.

Sheikh Mohamed menjelaskan kepada Presiden Rusia tentang posisi pihak Ukraina pada sejumlah masalah.

Presiden UEA juga menekankan perlunya dialog antara Rusia dan Ukraina tetap terbuka, sementara Presiden Putin menekankan bahwa Rusia ingin melanjutkan upaya mediasi UEA.

"Kedua pemimpin juga menggarisbawahi pertumbuhan pesat yang sedang berlangsung yang terlihat di seluruh hubungan UEA-Rusia dan kepuasan mereka dengan pertumbuhan seperti itu," lapor WAM.

Kunjungan Sheikh Mohamed ke Rusia diumumkan Senin.

Kementerian luar negeri UEA mengatakan pada saat itu kunjungan itu bertujuan untuk membantu mencapai solusi politik yang efektif untuk krisis Ukraina, WAM melaporkan.

Sumber: Alarabiya

KEYWORD :

Uni Emirat Arab UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahya Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :