Jum'at, 03/05/2024 18:00 WIB

Kemkominfo Beri Literasi Digital untuk Penyandang Disabilitas

Kemkominfo Beri Literasi Digital untuk Penyandang Disabilitas

Para penyandang disabilitas mendapatkan edukasi literasi digital (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi (GNLD) memberikan edukasi literasi digital, bagi penyandang disabilitas di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), melalui kegiatan Kelas Podcast Disabilitas.

Kegiatan yang berlangsung pada 14-15 September 2022 lalu itu diikuti oleh 280 peserta, yang terdiri dari para disabilitas netra, rungu, wicara, dan daksa. Diharapkan, para disabilitas ini mendapatkan hak dan akses yang sama untuk berkontribusi di ruang digital.

"Saat ini semua serba digital, media sosial sudah menjadi bagian dari kita semua. Podcast merupakan salah satu media baru yang bisa kita manfaatkan untuk lebih produktif dan membuat konten yang bermanfaat," kata Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa, Wiwik Sri Utami dalam keterangannya pada Minggu (2/10).

Ditambahkan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Unesa, Sujarwanto, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi untuk mengadakan kegiatan yang ramah disabilitas.

"Kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendukung Indonesia lebih inklusif, melek digital dan makin cakap digital. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan perspektif baru," tutur dia.

Salah satu pemateri, Dodi Susetiadi membagikan tips membangun kepercayaan diri melalui materi public speaking. Dia menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang membuat orang tidak percaya diri, antara lain pengalaman masa lalu, lingkungan, dan kekhawatiran berlebihan.

"Yang namanya percaya diri itu harus dicoba dan dilakukan. Tunjukkan kreasi kita dan kemampuan kita agar sekitar kita tahu bahwa penyandang disabilitas pasti ada kelebihan," ujar Dodi.

Dalam kesempatan ini, beberapa peserta tunarungu dengan antusias mempraktekkan pembuatan podcast dengan menggunakan bahasa isyarat dengan output audio yang langsung dapat didengarkan oleh peserta lain.

Kegiatan Kelas Podcast Disabilitas ini termasuk dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024, yang diinisiasi oleh Kemkominfo berkolaborasi dengan berbagai pemegang kepentingan terkait.

KEYWORD :

Literasi Digital Penyandang Disabilitas Kemenkominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :