Minggu, 28/04/2024 21:30 WIB

Rusuh Penjara di Brasil, 27 Tahanan Tewas Mengenaskan

Kebanyakan yang tewas dengan kondisi kepala terpenggal atau tubuh terbakar.

Kepolisian berhasil mengendalikan kerusuhan yang terjadi di salah satu penjara di Brasil

Brasil - Kerusuhan yang terjadi di satu penjara Alcacus Brasil, telah menewaskan 20 orang tahanan. Kepolisian setempat masih menyelidiki forensik untuk mengindentifikasi pemicunya yang terjadi pada Sabtu (14/1).

Pejabat setempat mengatakan, penyelidikan awal mengindikasikan pemicunya setelah salah satu geng narkoba menyerang lorong yang menampung kelompok musuh. Walau sudah dikepung, para tahanan masih memegang senjata dan belum dimasukkan kembali ke dalam sel. "Polisi sudah mengidentfikasi enam orang yang diduga kuat memicu kericuhan ini. Mereka akan ditransfer ke penjara federal," ujar sumber itu.

Dilansir  cnn, Kerusuhan di penjara Brasil kali ini,  menambah panjang daftar kerusuhan mematikan di penjara Brasil sepanjang tahun ini. Sejak pergantian tahun, sekitar 140 orang tewas dalam kericuhan di berbagai penjara Brasil. Kebanyakan yang tewas dengan kondisi kepala terpenggal atau tubuh terbakar.

Sekretaris Kehakiman Rio Grande do Norte, Wallber Virgolino mengatakan bahwa kericuhan kemungkinan dipicu oleh pertikaian antara beberapa kartel narkoba terbesar di Brasil yang mengakhiri hubungan kerja sama sekitar 6 bulan lalu.

"Tak ada konfirmasi mengenai ini, tapi semua kerusuhan di Brasil mungkin dipicu ini. Negara bagian kemi tak pernah mengalami kerusuhan penjara berdarah separah ini," ucap Virgolino, dilansir  Reuters.

Menanggapi peningkatan kekerasan di penjara ini, Menteri Kehakiman Brasil, Alexandre de Moraes, berjanji akan memberikan tambahan bantuan dana untuk penjagaan di berbagai penjara di Rio Grande de Norte.

KEYWORD :

Kerusuhan Penjara Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :