Minggu, 19/05/2024 15:59 WIB

Gegara Invasi, Rusia Dicoret dari Kualifikasi Euro 2024

Gegara Invasi, Rusia Dicoret dari Kualifikasi Euro 2024

Logo UEFA (foto: Google)

Brussels, Jurnas.com - UEFA resmi melarang Rusia berpartisipasi dalam kompetisi Euro 2024 mendatang, dengan pertimbangan invasi Moskow ke Ukraina sejak Februari lalu.

Ini menjadi mimpi buruk terbaru bagi timnas Rusia, setelah sebelumnya dicoret dari ajang Piala Dunia 2022 di Qatar, yang bakal berlangsung pada akhir tahun ini.

Federasi Sepak Bola Rusia sempat mengajukan banding atas pelarangan tersebut pada Juni lalu. Hanya saja, Pengadilan Arbitrase Olahraga memilih tak menggubris banding Rusia.

Apalagi, nyaris seluruh pelaku sepak bola dunia mengutuk invasi tersebut. Bahkan, bintang timnas Polandia, Robert Lewandowski bakal mengenakan ban kapten bendera Ukraina pada Piala Dunia tahun ini.

"Semua tim Rusia saat ini diskors menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang selanjutnya telah dikonfirmasi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga pada 15 Juli 2022," demikian bunyi pernyataan UEFA dikutip dari Goal pada Rabu (21/9).

"Oleh karena itu, Rusia tidak termasuk dalam undian kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2022-24," imbuhnya.

Sisa undian kualifikasi Euro 2024 selanjutnya akan berlangsung pada 9 Oktober nanti di Frankfurt, Jerman, untuk menggantikan posisi Rusia.

KEYWORD :

Rusia UEFA Euro 2024 Invasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :