Kamis, 16/05/2024 10:06 WIB

Taliban Rayakan Tahun Pertama Berkuasa

Taliban rayakan tahun pertama berkuasa.

Taliban meminta agar dapat mewakili pemerintah Afghanistan di sidang Majelis Umum PBB yang kini sedang berlangsung di New York, Amerika Serikat. (AP/Zabi Karimi)

JAKARTA, Jurnas.com - Taliban menyatakan hari Senin (15/8) sebagai hari libur nasional untuk merayakan tahun pertama kembalinya mereka ke kekuasaan di Afghanistan.

Tepat setahun yang lalu, kelompok garis keras itu merebut Kabul setelah serangan kilat nasional mereka terhadap pasukan pemerintah mengakhiri 20 tahun intervensi militer pimpinan Amerika Serikat (AS).

"Kami memenuhi kewajiban jihad dan membebaskan negara kami," kata Niamatullah Hekmat, pejuang yang memasuki Kabul pada 15 Agustus tahun lalu hanya beberapa jam setelah presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara itu.

Penarikan pasukan asing yang kacau berlanjut hingga 31 Agustus. Puluhan ribu orang bergegas ke bandara Kabul berharap dievakuasi dalam penerbangan apa pun dari Afghanistan.

Gambar kerumunan orang menyerbu bandara, naik ke atas pesawat - dan beberapa berpegangan pada pesawat kargo militer AS yang akan berangkat saat meluncur di landasan pacu - ditayangkan di buletin berita di seluruh dunia.

Pihak berwenang sejauh ini belum mengumumkan perayaan resmi untuk menandai peringatan itu, tetapi televisi pemerintah mengatakan akan menayangkan program khusus.

Kendati demikian, pejuang Taliban menyatakan kebahagiaan bahwa gerakan mereka sekarang berkuasa, bahkan ketika badan-badan bantuan mengatakan bahwa setengah dari 38 juta orang di negara itu menghadapi kemiskinan ekstrem.

"Saat kami memasuki Kabul, dan ketika Amerika pergi, itu adalah saat-saat yang menggembirakan," kata Hekmat, yang kini menjadi anggota pasukan khusus yang menjaga istana presiden.

Namun, bagi warga Afghanistan biasa, terutama wanita, kembalinya Taliban hanya menambah kesulitan.

Awalnya, Taliban menjanjikan versi yang lebih lembut dari aturan keras yang menandai tugas pertama mereka berkuasa dari 1996-2001. Namun seiring berjalannya waktu, rentetan pembatasan diberlakukan pada perempuan untuk mematuhi visi Islam yang keras dari gerakan tersebut.

Puluhan ribu anak perempuan telah dikeluarkan dari sekolah menengah, sementara perempuan dilarang kembali ke banyak pekerjaan pemerintah.

Pada bulan Mei, mereka diperintahkan untuk sepenuhnya menutupi di depan umum, idealnya dengan burqa yang menutupi semua. "Sejak hari mereka datang, hidup telah kehilangan maknanya," kata Ogai Amail, seorang warga Kabul.

"Semuanya telah direbut dari kami, mereka bahkan telah memasuki ruang pribadi kami," katanya.

Pada Sabtu, para pejuang Taliban memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembakkan senjata ke udara untuk membubarkan demonstrasi mereka di Kabul.

Sementara warga Afghanistan mengakui penurunan kekerasan sejak Taliban merebut kekuasaan, krisis kemanusiaan telah membuat banyak orang tidak berdaya.

"Orang-orang yang datang ke toko kami mengeluhkan harga yang begitu tinggi sehingga kami para pemilik toko mulai membenci diri kami sendiri," kata Noor Mohammad, seorang penjaga toko dari Kandahar, pusat kekuatan de facto Taliban.

Namun, bagi para pejuang Taliban, kegembiraan kemenangan membayangi krisis ekonomi saat ini. "Kami mungkin miskin, kami mungkin menghadapi kesulitan, tetapi bendera putih Islam sekarang akan berkibar tinggi selamanya di Afghanistan", kata seorang pejuang yang menjaga taman umum di Kabul.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Tahun Pertama Taliban Berkuasa Amerika Serikat Afghanistan Kebebasan Perempuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :