Minggu, 19/05/2024 11:49 WIB

Kanada akan Larang Impor Senjata Api hingga Disahkannya UU Pengendalian Senjata

Kanada akan larang impor senjata api hingga disahkannya UU pengendalian senjata.

JAKARTA, Jurnas.com - Kanada mengatakan sementara waktu akan melarang impor senjata api terbatas mulai 19 Agustus. Langkah ini secara tidak langsung betujuan mencapai tujuan dari undang-undang pengendalian senjata yang diusulkan pada bulan Mei.

Larangan impor senjata akan tetap berlaku sampai pembekuan nasional terhadap senjata api mulai berlaku, kata pemerintah Kanada dalam sebuah pernyataan. Pemerintahan Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau memperkenalkan RUU C-21 pada bulan Mei untuk memerangi kekerasan senjata.

Paket pengendalian senjata, yang mencakup pembekuan nasional atas penjualan dan pembelian senjata api di antara langkah-langkah lainnya, belum dilaksanakan. Parlemen Kanada saat ini sedang libur musim panas hingga September.

Warga Kanada bergegas membeli senjata setelah pembekuan diumumkan dan pemerintah sekarang ingin mencegah penjual senjata mengisi kembali persediaan mereka dengan larangan impor ini, Menteri Luar Negeri Melanie Joly mengatakan kepada wartawan pada sebuah pengarahan. Kementerian luar negeri memiliki wewenang untuk menolak izin perdagangan.

"Larangan impor yang diumumkan hari ini akan membantu menjauhkan senjata dari jalan-jalan kami saat kami berupaya menerapkan RUU C-21, mengurangi kekerasan senjata dalam waktu dekat," kata Joly.

Kanada memiliki undang-undang senjata yang jauh lebih ketat daripada Amerika Serikat, tetapi orang Kanada diizinkan memiliki senjata api asalkan mereka memiliki lisensi. Senjata api yang dibatasi atau dilarang, seperti pistol, juga harus didaftarkan.

"Mengingat bahwa hampir semua pistol kami diimpor, ini berarti kami akan memberlakukan pembekuan pistol nasional kami lebih cepat," kata Menteri Keamanan Publik Kanada Marco Mendicino, berbicara bersama Joly.

Sementara tingkat pembunuhan senjata Kanada adalah sebagian kecil dari tingkat di Amerika Serikat pada tahun 2020, itu masih lebih tinggi daripada tingkat banyak negara kaya lainnya dan telah meningkat, menurut data dari Statistics Canada.

Data resmi menunjukkan bahwa pistol adalah senjata utama yang digunakan dalam sebagian besar kejahatan kekerasan terkait senjata api antara 2009 dan 2020.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Kanada Larangan Impor Senjata Api UU Pengendalian Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :